This is a preview of the print version of your report. Please click "print" to continue or "done" to close this window.

done

or Cancel

 
Similarity Index
33%
Similarity by Source
Internet Sources:
34%
Publications:
6%
Student Papers:
13%

ISSN 2716-487X (Online) Journal of Physical Activity (JPA) 1 (2) 2020 60-72 Available online to https://journal.apopi.org/index.php/jpa APOPI ASOSIASI PRODI OLAHRAGA PERGURUAN TINGGI PGRI Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat- isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Development of application-based learning media about the cues of volleyball referees at SMA Negeri 2 Karangan Edwin Ardiansyaha, Henri Gunawan Pratamab, Sugeng Sulendroc a,b,c Program Studi Pendidikan Jasmani, STKIP PGRI Trenggalek, Indonesia. email:,b [email protected], [email protected] Article Info: Article history: Received 24 April 2020 Revised 23 June 2020 Accepted 11 July 2020 Kata Kunci: ekstrakurikuler, bolavoli, isyarat wasit, media pembelajaran Keywords: volleyball, referee gesture, media learning APA style in citing this article: Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S. (2020). Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan. Journal of Physical Activity (JPA), 1(2), 60-72. ABSTRAK Media pembelajaran berbasis aplikasi merupakan media pembelajaran yang merujuk pada penggunaan teknologi internet. Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mediaEnd Match pembelajaran berbasis aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459diambil dari Peraturan Permainan Bolavoli PBVSI tahun 2005.End Match Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian research and development. Sesuai peraturan tersebut, isyarat wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoli terdiri dari 25 isyarat tangan wasit dan 5 isyarat hakim garis.End Match Produk Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459pengembanganEnd Match berupa media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan bisa diakses melalui PlayStore. Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoli. Dengan hasil evaluasi ahliEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoli diperoleh persentase sebesarEnd Match 95,83% Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459dan evaluasi ahli media diperoleh persentase sebesarEnd Match 95,28%. Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Dari analisis uji coba kelompok kecil diperoleh persentase sebesar 92,End Match 01%. Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Dari hasil uji coba kelompok besar diperoleh persentase sebesarEnd Match 96,04%. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa penelitian pengembangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoli dengan hasilEnd Match produk berupa aplikasi ini dapat digunakan dengan hasil presentase yang “baik” atau “sangat valid” dan juga bisa digunakan pada pembelajaran bolavoli pada mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. ABSTRACT Application-based learning media is a learning medium that refers to the use of internet technology. This study aims to develop application-based learning media about referee cues taken from the PBVSI Bolavoli Game Regulations in 2005. This research and development uses research and development research models. According to the regulation, volleyball referees consist of 25 referee hand signals and 5 line judge cues. Product development in the form of application-based learning media about referees' cues on volleyball extracurricular participants at SMA Negeri 2 Karangan can be accessed through PlayStore. The product produced from this research and development is an application-based learning media about volleyball referee cues. With the results of the evaluation of volleyball referee experts obtained a percentage of 95.83% and evaluation of media experts obtained a percentage of 95.28%. From the analysis of small group trials obtained a percentage of 92.01%. From the results of a large group trial, a percentage of 96.04% was obtained. Thus it can conclude research development application-based learning media about the cues of volleyball referees with the product results in the form of this application can be used with the results of the percentage "good" or "very valid" and can also be used in volleyball learning in physical education subjects in schools. Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan 1. Begin Match to source 24 in source list: https://docobook.com/pengaruh-pemberian-makanan-jajanan-pendidikan-gizi-dan.htmlPendahuluan Keberhasilan pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Periode usia sekolah merupakan bagian dari tahapan dalam siklus hidup manusia yang sangat menentukan kualitas SDMEnd Match (Candra., et all., 2013). Begin Match to source 20 in source list: https://eprints.uny.ac.id/14151/1/BAB I-V.pdfSesuai dengan tuntutan perubahan dunia serta teknologi yang semakin maju mendorong seseorang agar mampu bersaing dengan orang lain.End Match Sehingga Begin Match to source 20 in source list: https://eprints.uny.ac.id/14151/1/BAB I-V.pdfpembentukan sumber daya manusia harus dimulai sejak dini, yaitu sejak dalam kandungan dan semasa balitaEnd Match (Mulyaningsih, 2008). Begin Match to source 13 in source list: http://eprints.upgris.ac.id/563/1/PROSIDING LEKTOR.pdfPendidikan jasmani adalah proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak. Ciri dari pendidikan jasmani adalah belajar melalui pengalaman gerak untuk mencapai tujuan pengajaran melalui pelaksanaan, aktivitas jasmani, bermain, dan olahraga (Mulyanto,End Match 2016). Begin Match to source 13 in source list: http://eprints.upgris.ac.id/563/1/PROSIDING LEKTOR.pdfPendidikan jasmaniEnd Match adalah Begin Match to source 13 in source list: http://eprints.upgris.ac.id/563/1/PROSIDING LEKTOR.pdfsalah satuEnd Match jenis mata pelajaran Begin Match to source 13 in source list: http://eprints.upgris.ac.id/563/1/PROSIDING LEKTOR.pdfyangEnd Match diajarkan di sekolah, baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas. Dalam pendidikan jasmani ada kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa (Putra & Fudin, 2019). Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/While the main problem facing physical education today is the change in cultural values, from the culture of motion to a culture of silence (Pratama,End Match Hariyadi, &Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/Febrianto, 2018).End Match Dengan kata lain pendidikan jasmani merupakan sarana mendidik untuk membentuk kepribadian luhur suatu bangsa. Ada beberapa faktor yang membentuk kepribadian bangsa seperti sikap sportif, jujur, tanggung jawab, kerja sama dan percaya diri. Faktor-faktor tersebut telah terangkum dalam ranah penilaian afektif dalam pendidikan jasmani. Sehingga dari pembentukan kepribadian yang luhur, pendidikan jasmani akan ikut berperan aktif dalam memajukan sebuah bangsa. Kemajuan sebuah bangsa akan sangat erat hubungannya dengan upaya memajukan pendidikan bangsa. Untuk memajukan pendidikan suatu bangsa akan dilakukan dari berbagai macam jalur. Selain peningkatan mutu dalam pendidikan intrakurikuler sekolah, pemerintah juga akan menempuh jalur pendidikan ekstrakurikuler sekolah. Bidang-bidang kegiatan ekstrakurikuler ini sendiri dapat berbentuk kegiatan seni, olahraga, pengembangan kepribadian. Begin Match to source 29 in source list: http://oktaveka.blogspot.com/2016/Dalam pelaksanaannya kegiatan ekstrakurikuler dibimbing oleh guru, sehingga waktu pelaksanaan berjalan dengan baik. Dengan demikian, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ikut andil dalam menciptakan tingkat kecerdasanEnd Match siswa. Begin Match to source 26 in source list: https://ekyd.blogspot.com/2016/09/hubungan-partisipasi-siswa-dalam_5.htmlKegiatan ekstrakurikuler erat hubungannya dengan prestasi belajar siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler siswa dapatEnd Match menambah Begin Match to source 26 in source list: https://ekyd.blogspot.com/2016/09/hubungan-partisipasi-siswa-dalam_5.htmlwawasan mengenaiEnd Match bidang ekstrakurikuler Begin Match to source 26 in source list: https://ekyd.blogspot.com/2016/09/hubungan-partisipasi-siswa-dalam_5.htmlyang erat kaitannya dengan pelajaran di ruang kelas.End Match Siswa Begin Match to source 26 in source list: https://ekyd.blogspot.com/2016/09/hubungan-partisipasi-siswa-dalam_5.htmlyangEnd Match aktif Begin Match to source 26 in source list: https://ekyd.blogspot.com/2016/09/hubungan-partisipasi-siswa-dalam_5.htmldalam kegiatan ekstrakurikulerEnd Match terampil dalam berorganisasi, mengelola, memecahkan masalah sesuai karakteristik bidang ekstrakurikuler yang digeluti. SMA Negeri 2 Karangan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler keolahragaan dan non keolahragaan. Sesuai hasil wawancara untuk bidang Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan kegiatan ekstrakurikuler keolahragaan yang popular di SMA Negeri 2 Karangan salah satunya adalah bolavoli. Ekstrakurikuler bolavoli juga mempunyai banyak manfaat bagi siswa dan sekolah. Manfaat bagi siswa yaitu menyalurkan bakat dan minat di bidang bolavoli serta dapat melatih siswa-siswi dalam berorganisasi dengan tim. Sedangkan manfaat bagi sekolah yaitu dapat mengangkat nama baik sekolah. Menurut Hastuti (2008) Begin Match to source 22 in source list: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/download/454/pdfekstrakurikuler juga dapat membentuk sikap mental dan dedikasi sehingga dapat meningkatkan prestasi salah satu cabang olahraga yang sudah menjadi hobi dan bakat siswa dalam cabang olahraga tertentu dalam waktu yang lebih lama.End Match Berdasarkan hasil wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan, materi-materi yang diajarkan adalah peraturan permainan dan teknik dasar permainan bolavoli yaitu mencangkup passing, block, spike, service, teknik bertahan dan teknik menyerang. Salah satu materi yang penting namun belum sepenuhnya diajarkan pada peserta ekstrakurikuler bolavoli yaitu isyarat-isyarat wasit bolavoli. Isyarat-isyarat wasit bolavoli ini merupakan materi penting yang harus dipahami oleh peserta ekstrakurikuler, karena isyarat-isyarat wasit bolavoli ini adalah salah satu media berkomunikasi antara wasit dengan pemain saat pertandingan berlangsung. Jadi, tidak tertutup kemungkinan akan terjadi salah paham antara wasit dan pemain jika pemain tidak memahami isyarat- isyarat yang diberikan oleh wasit dan hal itulah yang mungkin dapat terjadi pada atlet bolavoli SMA Negeri 2 Karangan saat mengikuti pertandingan resmi. Mengingat materi isyarat-isyarat perwasitan bolavoli yang tidak sedikit, dalam upaya pembelajarannya harus didukung dengan media pembelajaran yang memadai. Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/Pengembangan sumber belajar ini sangatlah penting dilakukan oleh guru pendidikan jasmani dimanapun. Pengembangan adalah proses penerjemahan spesifikasi perancangan kedalam bentuk fisiknya (Dwiyogo,End Match 2003). Hal ini diperkuat oleh Febrianto & Puspitaningsih (2020) bahwa Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/pengembangan memerlukan perancangan yang sistematis mengacu pada sistem pembelajaran, desain pesan, metode atau strategi, dan memperhatikan karakteristik pelajar.End Match Pengembangan media pembelajaran akan memudahkan peserta ekstrakurikuler bolavoli mempelajari dan memahami materi isyarat-isyarat wasit bolavoli. Media pembelajaran yang saat ini banyak digunakan seperti: media cetak, media audio, media visual, media audio-visual. Penelitian yang dilakukan (Pane, 2018) Begin Match to source 23 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/35684/1/Aan Deki Praja Pane.pdfmedia pembelajaran audio-visual tutorial sangat membantu guru dalam proses pembelajaran di SMA sederajat, dan media pembelajaran audio-visual sangat efektif untuk digunakan didalam pembelajaran pendidikan jasmani materi renang gaya bebas.End Match Penelitian yang dilakukan Muharram & Putra (2019) Begin Match to source 5 in source list: Submitted to Konsorsium Turnitin Relawan Jurnal Indonesia on 2020-11-19materi yang digunakan pada produk buku saku Mobile Learning perwasitan bolavoli sudah sesuai dengan peraturan permainan dari PBVSI. Hasil tersebut menunjukkan produk termasuk dalam katagori baik sekali, berarti buku saku Mobile Learning perwasitan bolavoli dinyatakan tepat dan layak sebagai produk yang teruji, sehingga dapat disimpulkan bahwa media buku saku tentang signal-signal perwasitanEnd Match bola voli Begin Match to source 5 in source list: Submitted to Konsorsium Turnitin Relawan Jurnal Indonesia on 2020-11-19dapat diuji cobakan kepada calon pengguna.End Match Dari beberapa macam media pembelajaran isyarat-isyarat wasit bolavoli yang sudah ada, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran yang berbeda dan mungkin belum pernah ditemui dikalangan pelajar yaitu media pembelajaran berbasis aplikasi. Media pembelajaran berbasis aplikasi merupakan media pembelajaran yang merujuk pada penggunaan teknologi internet. Menurut Muyaroah & Fajartia (2017) dikalangan pelajar teknologi internet sudah bukan menjadi hal yang baru lagi, Begin Match to source 19 in source list: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/download/19336/9214/dengan adanya smartphone dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi kehidupan manusia dan memberikan banyak kemudahan dalam penggunaannya.End Match Hal ini dibuktikan dengan seringnya pelajar menggunakan jaringan internet sebagai media bersosialisasi, sebagai media belajar dan sebagai media entertainment. Tidak hanya melalui komputer banyak media untuk mengakses jaringan internet seperti handphone, smartphone, tablet, notebook dan sebagainya. Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/Dengan mengembangankan media dapat digunakan sebagai suatu penyampaian dalam pembelajaran pendidikan jasmaniEnd Match dan ekstrakurikuler (Santoso & Hariyadi, 2020). Kelebihan dari media pembelajaran berbasis aplikasi dibandingkan dengan media belajar lainnya yaitu dapat menampilkan konten berupa teks, gambar diam, gambar bergerak (animasi), audio, visual, serta audio-visual (video). Begin Match to source 27 in source list: http://eprints.uny.ac.id/62476/1/SKRIPSI SUYANTO PKO 2011.pdfPenelitian yang dilakukan oleh Syahroni, Nurrochmah, & FahrialEnd Match (2016) Begin Match to source 27 in source list: http://eprints.uny.ac.id/62476/1/SKRIPSI SUYANTO PKO 2011.pdfyang berjudul “Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal Signal Wasit Futsal Untuk Wasit Futsal di Kabupaten Pasuruan”End Match menyatakan bahwa Begin Match to source 11 in source list: https://123dok.com/document/y96pdnwy-this-file-sm.html?utm_source=related_listproduk yang dikembangkan dalam penelitian dan pengembangan buku saku elektronik perwasitan futsal menunjukkan bahwa media buku saku elektronik perwasitan futsal tepat, menarik, sesuai, dan layak digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan psikomotor wasit futsal di Kabupaten Pasuruan.End Match Penelitian yang dilakukan Adi, Pradipta, & Setyawan (2019) mengenai Begin Match to source 3 in source list: http://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/download/576/284/kelayakan aplikasi VL (Volly Learning) berbasis Android pada materi bola voli berdasarkan penilaian ahli materi keseluruhan aspek mendapatkan total nilai 97%, sehingga masuk pada kategori penilaian sangat layak, penilaian ahli me`dia keseluruhan aspek mendapatkan total nilai 69%, sehingga masuk pada kategori penilaian sangat layak. Uji coba responden yang dilakukan di SMK Se-Kota Semarang kelas X mulai dari SMK Negeri 1 Semarang, SMK Negeri 2 Semarang, SMK Negeri 3 Semarang, SMK Negeri 4 Semarang, SMK Negeri 5 Semarang, SMK Negeri 7 Semarang, SMK Negeri 8 Semarang, SMK Negeri 9 Semarang, dan SMK Negeri 10 Semarang dengan jumlah seluruh peserta didik 369 siswa memperoleh hasil 90,94% yang merupakan kategori sangat layak.End Match Penelitian yang dilakukan Titting, Hidayah, & Pramono (2016) Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangGuru dan siswa memiliki ketertarikan tinggi terhadap adanyaEnd Match multimedia pembelajaran senam lantai berbasis android. Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangHal ini dapat dilihat dari hasil penilaian produk dari guruEnd Match yaitu baik Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangdanEnd Match dari Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangsiswaEnd Match yaitu sangat baik. Produk multimedia pembelajaran senam lantai berbasis android Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-Semarangefektif digunakan sebagai proses pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan KesehatanEnd Match (PJOK) Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-Semarangdi SekolahEnd Match Menengah Atas (SMA) Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangdiEnd Match Kabupaten Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangsemarangEnd Match dan kota semarang Begin Match to source 16 in source list: https://pt.scribd.com/document/347177589/Prosiding-Seminar-Nasional-Olahraga-2016-Universitas-Negeri-SemarangdenganEnd Match hasil validasi ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “Baik”, dengan rerata skor 4,14. Penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi nantinya akan lebih efisien dikalangan pelajar. Media pembelajaran berbasis aplikasi dapat diakses oleh kalangan pelajar kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan handphone, smartphone, tablet, notebook dan sebagainya yang nantinya bersifat offline guna untuk mempermudah para penggunanya, hal tersebut dilihat dari koneksi internet yang tidak selalu lancar dan wilayah-wilayah tertentu yang masih sulit akan jaringan internet. Dengan demikian media pembelajaran berbasis aplikasi dapat dijadikan media belajar mandiri bagi peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan. Berdasarkan dari beberapa penelitian pengembangan tentang perwasitan bolavoli sebelumnya, peneliti masih menemukan beberapa kelemahan yaitu: 1) Untuk produk berupa Elektronic-book untuk mengaksesnya memerlukan komputer, notebook atau laptop sehingga menjadi kurang efisien dikalangan pelajar. Walaupun dapat diakses melalui smartphone namun fitur dari Elektronic-Book menjadi kurang maksimal, teks menjadi lebih kecil sehingga proses pembelajaran menjadi kurang efektif, 2) Kelemahan produk berupa video yaitu pengguna tidak bisa memilih secara langsung sinyal apa yang mau dipelajari. Walaupun dapat di seeking namun kurang memudahkan pengguna, dan untuk mengaksesnya memerlukan media berupa VCD, laptop dan sebagainya sehingga menjadi kurang efisien dikalangan pelajar, 3) Produk berupa buku saku berdasarkan pengamatan peneliti mempunyai kelemahan yaitu unit bisa hilang, mudah terselip dan jika sering digunakan buku mudah rusak. Begin Match to source 19 in source list: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/download/19336/9214/Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 19 in source list: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/download/19336/9214/serta untuk mengetahui efektifias mobile learningEnd Match terhadap pengetahuan atlet Begin Match to source 19 in source list: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/download/19336/9214/terhadapEnd Match isyarat perwasitan bolavoli. Begin Match to source 6 in source list: http://repository.upstegal.ac.id/2171/1/SKRIPSI implementasi media pembelajaran flash berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik~1.pdfManfaat penelitian ini yaitu untuk dapat digunakan dalam kegiatanEnd Match ekstrakurikuler maupun Begin Match to source 6 in source list: http://repository.upstegal.ac.id/2171/1/SKRIPSI implementasi media pembelajaran flash berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik~1.pdfpembelajaran di sekolah agar lebih menarik, interaktif, efektif, efisien dan ekonomis terutama padaEnd Match pembelajaran bolavoli di sekolah. 2. Begin Match to source 18 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/41197/11/11. NIM 6153111005 CHAPTER III.pdfMetode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development. Menurut SugiyonoEnd Match (2013) Begin Match to source 18 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/41197/11/11. NIM 6153111005 CHAPTER III.pdfpenelitian pengembangan (research and development) tidak dimaksudkan untuk menguji atau menerapkan teori, akan tetapi merupakan penelitian yang berorientasi untuk menghasilkan atau mengembangkan produk tersebut.End MatchBegin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/Teori ini juga didukung oleh Maksum (2012) bahwa penelitian pengembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada. PenelitianEnd Match pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi ini mengacu pada model pengembangan Research & Development dari Gall, Borg, & Gall (1983). Meskipun pada model pengembangannya terdapat sepuluh langkah, namun menurut Wayan (2002) menyatakan Begin Match to source 10 in source list: https://core.ac.uk/display/294857220bahwa prosedur pelaksanaan penelitian pengembangan bukan merupakan langkah-langkah baku yang harus diikuti secara kaku, setiap pengembangan tentu saja dapat memilih dan menentukan langkah- langkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang dihadapinya dalam proses pengembangan.End Match Peneliti Begin Match to source 10 in source list: https://core.ac.uk/display/294857220hanyaEnd Match menggunakan tujuh Begin Match to source 10 in source list: https://core.ac.uk/display/294857220langkahEnd Match dengan dasar penyesuaian waktu dan kebutuhan lainnya: (1) analisis kebutuhan (need assement), (2) membuat rancangan Begin Match to source 7 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/5251produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba kelompok besar, (7)End Match revisi produk berdasarkan Begin Match to source 7 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/5251hasil uji coba kelompok besar sekaligusEnd Match penyempurnakan Begin Match to source 7 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/5251produkEnd Match akhir. Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2020-01-07Pengambilan sampelEnd Match ini Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2020-01-07menggunakan teknikEnd Match probability Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2020-01-07samplingEnd Match yaitu Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2020-01-07simple random samplingEnd Match yang Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2020-01-07merupakan teknikEnd Match pengambilan sampel Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2020-01-07yang memberikan peluang yang sama bagi individu yang menjadi anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel (Maksum, 2012).End Match Subjek yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah: (a) subjek analisis kebutuhan Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858sebanyak 30End Match siswa Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858peserta ekstrakurikulerEnd Match bolavoli Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858SMA NegeriEnd Match 2 Karangan dan 1 pelatih bolavoli, (b) subjek uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 1 Tugu, (c) subjek uji kelompok besar yaitu 20 siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli SMA Negeri 2 Karangan, (d) 2 ahli evaluasi (ahli perwasitan bolavoli dan ahli media). Kuesioner yang diberikan kepada peserta ekstrakurikuler dan ahli adalah Begin Match to source 21 in source list: http://etheses.uin-malang.ac.id/17423/1/11410064.pdfkuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Kuesioner terbuka adalah kuesioner yang memberi kesempatan kepada responden untuk menjawab dengan kalimatnya sendiri sedangkan kuesioner tertutup adalah kuesioner yang sudah disediakan jawabannya sehingga responden tinggal memilih”End Match (Winarno, 2013). Pengumpulan data kualitatif menggunakan angket terbuka yang berupa saran serta masukan dari hasil evaluasi ahli. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858/kuesioner yang diberikan kepadaEnd Match peserta Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858ekstrakurikulerEnd Match bolavoli di Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858SMA NegeriEnd Match 2 Karangan dan para ahli terhadap media aplikasi sebagai produk penelitian. Kuesioner yang diberikan kepada peserta ekstrakurikuler dan ahli adalah kuesioner terbuka dan kuesioner tertutup. Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858Teknik analisis data yang digunakan dalamEnd Match pengembangan media aplikasi Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858ini adalah teknik analisisEnd Match data Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858kualitatif dan kuantitatif.End Match (1) analisis Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858data kualitatif digunakan untuk menganalisis dataEnd Match berupa Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858saranEnd Match atau masukan dari Begin Match to source 15 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/936/1858para ahli.End MatchBegin Match to source 28 in source list: Submitted to Universitas PGRI Semarang on 2019-05-16(2) Analisis deskriptif yang berupa persentase digunakan untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari analisis kebutuhanEnd Match awal, Begin Match to source 28 in source list: Submitted to Universitas PGRI Semarang on 2019-05-16evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.End Match Tabel 1. Kriteria Kualitas Produk Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/1851Persentase KeteranganEnd Match Keterangan Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/185186%-100% Sangat valid Dapat digunakan tanpa revisi 70%-85% Cukup valid Dapat digunakan dengan revisi kecil 60%-69% Kurang valid Kurang layak digunakan,End Match dan Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/1851disarankan tidak dipergunakanEnd Match 0%-59% Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/1851Tidak valid Tidak dapat digunakan Sumber:End Match (Sa’dun & Sriwijaya, Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/18512010)End Match 3. Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/1851HasilEnd Match dan Pembahasan Begin Match to source 8 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/932/1851Hasil penelitian danEnd MatchBegin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentangEnd Match isyarat Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459perwasitanEnd Match pada Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459peserta ekstrakurikuler bolavoli diEnd Match SMA Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459NegeriEnd Match 2 Karangan meliputi data hasil analisis kebutuhan, data hasil evaluasi ahli, data hasil uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data hasil analisis kebutuhan berupa hasil wawancara dengan pelatih ektrakurikuler bolavoli dan data yang diperoleh dari penyebaran angket pada peserta ektrakurikuler bolavoli sebanyak 30 siswa. Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmlData hasil evaluasi ahli terdiri dari data hasil evaluasi ahliEnd Match perwasitan bolavoli dan Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmlahli media. Data hasil uji coba kelompok kecilEnd Match dari Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmlhasil penyebaran instrumen validasi kepadaEnd Match peserta ekstrakurikuler bolavoli Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmldengan jumlahEnd Match 10 Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmlsubjek.End Match Sedangkan Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmldata hasil uji coba kelompok besarEnd Match dari Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmlhasil penyebaran instrumen validasi kepadaEnd Match peserta ekstrakurikuler bolavoli Begin Match to source 9 in source list: https://id.123dok.com/document/y8kdxr2y-pengembangan-media-pembelajaran-permaina-pdf.htmlsebanyak 20 subjek.End Match 3.1 Analisis Kebutuhan Dari hasil penelitian awal (need assessment) terhadap 30 peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan diperoleh data sebagai berikut: Tabel 2. Analisis Kebutuhan NO INDIKATOR KEBUTUHAN PERSENTASE (%) 1 belum memahami semua tentang isyarat-isyarat perwasitan 52,12 bolavoli 2 sering menggunakan aplikasi sebagai media belajar 70,75 3 bahwa belajar melalui media berbasis aplikasi lebih efisien 86,5 4 belajar melalui media berbasis aplikasi lebih efektif 82,50 5 belum pernah menggunakan media apapun sebagai media 68,5 pembelajaran isyarat perwasitan bolavoli 6 akan memanfaatkan media pembelajaran isyarat perwasitan 95,75 bolavoli berbasis aplikasi Dari data analisis kebutuhan bisa dikatakan bahwa pengunaan pengembangan media berbasis aplikasi ini sangat perlu di kembangkan di ekstrakurikuler bolavoli, dimana 95,75% para atlet akan memanfaatkan media pembelajaran tersebut untuk bisa membantu lebih memahami isyarat wasit lebih efisien, efektif dan mudah digunakan sebagai media belajar juga. Selaian analisis kebutuhan juga peneliti melakukan wawancara dengan pelatih ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan diperoleh data sebagai berikut: 1) Pelatih memberikan materi (passing bawah, passing atas, service, smash, teknik bertahan, menyerang dan perwasitan bolavoli), namun pelatih belum sepenuhnya memberikan materi tentang perwasitan bolavoli kepada peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan, 2) Pelatih menyetujui jika dikembangkan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat perwasitan bolavoli padaEnd Match peserta Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459ekstrakurikuler bolavoli diEnd Match SMA Negeri 2 Karangan. 3.2 Evaluasi Ahli Hasil evaluasi ahli perwasitan bolavoli diperoleh beberapa masukan yaitu: 1) Memperjelas gambar gerak karena kurang memenuhi standar, 2) Memperbesar ukuran tulisan karena masih kurang jelas, 3) Memperjelas pengertian gambar isyarat agar mudah dimengerti. Pada tabel 3 akan disajikan data hasil evaluasi ahli perwasitan bolavoli sebagai berikut: Tabel 3 Data Hasil Evaluasi Ahli Perwasitan Bolavoli No Variabel Skor Skor Rata-rata Hasil Maksimal Persentase Persentase 1 Memulai dan berakhirnya set (pertandingan) 23 24 95,83% 2 3 4 Kesalahan sikap Bola dalam permainan Kesalahan memainkan bola 18 12 16 20 12 16 90% 100% 100% 94,76% 5 Kesalahan pengambilan gerak pemain 21 24 87,5% 6 7 Time out dan pergantian Isyarat (signal) bendera hakim garis 8 18 8 20 100% 90% Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdfPada tahap ini dilakukan validasi yang dikembangkan dengan cara memberikan draf modelEnd Match pengembangan media berbasis aplikasi Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdfbeserta dengan lembar penilaiannya kepada ahliEnd Match media. Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdfAhliEnd Match media Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdfterdiri dariEnd Match 2 Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdforang ahli yaitu: (1)End Match Bian Dwi Pamungkas, Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdfM.Pd. selaku dosenEnd Match media Begin Match to source 17 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/442/3/Hal. 104-110 (Agung Widodo).pdfpembelajaran sebagai validator 1, dan (2)End Match Yoga Purwalingga S.Pd. selaku praktisi yang merupakan wasit bolavoli sebagai validator 2. Hasil penilaian pada ahli praktisi wasit bolavoli bahwa rata rata untuk media pembelajaran berbasis aplikasi ini sangat valid dengan persentasi 94,76 %. Dapat dilihat pula dari 7 variabel yang sudah diklasifikasikan pada skor maksimal bisa dikatakan penilaian skor variabel baik. Tabel. 4 Komentar para Ahli Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/No Validator Bagian yang direvisi Alasan direvisi Saran perbaikanEnd Match ? Huruf/Tulisan beranda kurang menarik, 1 Validator Ahli ? warna pada Media Tampilan bahasa tulisan kurang menarik, ? Ukuran tulisan kurang sesuai Buat huruf dan model tulisan untuk lebih menarik siswa, dan ukuran tulisan standar supaya tidak terlalu besar. ? Materi gambar Ulangi pada perwasitan pembuatan ada yang belum materi pada jelas dan tidak gambar isyarat 2 Validator Ahli Perwasitan Materi Gambar terlihat. tersebut supaya ? Pada beberapa pada aplikasi isyarat seperti bisa lebih jelas isyarat saat digunakan. memperlambat permainan, isyarat bola keluar, Tabel 5 Analisis Data Hasil Evaluasi Ahli Media No Variabel Skor Skor Rata-rata Hasil Pesentase % Maksimal Persentase 1 Header 18 20 2 Beranda 36 36 3 Materi 65 68 4 Profil 54 56 5 Tampilan Bahasa 28 32 90 100 95,58 90 87,5 92,51% Hasil penilaian pada ahli media bahwa rata rata untuk media pembelajaran berbasis aplikasi ini sangat valid dengan persentasi 92.51%. Dapat dilihat pula dari 5 variabel yang sudah diklasifikasikan pada skor maksimal bisa dikatakan penilaian skro variabel baik. Berdasarkan pengumpulan data dari ahli media, ahli perwasitan bolavoli dan peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, ada beberapa bagian produk yang perlu sedikit direvisi untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan. 3.3 Uji Coba Kelompok Kecil Data hasil uji coba kelompok kecil, Jumlah instrumen untuk uji coba kelompok besar sebanyak 36 butir pertanyaan. Dari variabel kemenarikan dengan jumlah 12 butir pertanyaan diperoleh hasil sebesar 93.12 %. Dari variabel kejelasan dengan jumlah 12 butir pertanyaan diperoleh hasil sebesar 93.01%. Dari variabel kemudahan dengan jumlah 12 butir pertanyaan diperoleh hasil sebesar 90.40%. Tabel 6 Data Hasil Uji Coba Kelompok Kecil No Variabel Persentase Rata-rata persentase 1 Kemenarikan 93,12 % 2 Kejelasan 93,01% 92,17% 3 Kemudahan 90,40% Dari hasil data tersebut diperoleh hasil rata-rata 92.17 % dengan kategori “sangat valid”, sehingga pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan. 3.4 Uji Coba Kelompok Besar Data hasil uji coba kelompok besar, jumlah instrumen untuk uji coba kelompok besar sebanyak 36 butir pertanyaan. Dari variabel kemenarikan dengan jumlah 12 butir pertanyaan diperoleh hasil sebesar 94,27 %. Dari variabel kejelasan dengan jumlah 12 butir pertanyaan diperoleh hasil sebesar 97,36%. Dari variabel kemudahan dengan jumlah 12 butir pertanyaan diperoleh hasil sebesar 96,5%. Tabel 7 Begin Match to source 7 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/5251Data Hasil Uji Coba Kelompok BesarEnd Match No Variabel Persentase Begin Match to source 7 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/sport-science/article/view/5251Rata-rata persentaseEnd Match 1 2 3 Kemenarikan Kejelasan Kemudahan 94,27 % 97,36% 96,5% 96,04% Dari hasil data tersebut diperoleh hasil rata-rata 96,04% dengan kategori “sangat valid”, sehingga pengembangan media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan. Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/Dengan mencermati hasil perhitungan pada uji coba kelompok kecil dan kelompok besar yang berupa penilaian terhadap tingkat implementasi kelayakanEnd Match pengembengan Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/mediaEnd Match berbasis aplikasi yang dilakukan oleh kedua praktisi diperoleh kategori “Sangat Valid”. Setelah dihitung persentasenya, menunjuk pada angka 92, 17% dan 96.04%. Hal ini menunjukkan tingkat kelayakan implementasi pengembangan media berbasis aplikasi tentang isyarat wasit bolavoli Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/tergolong dalam kategori baik/layak. Dengan demikian,End Match pengembangan Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/mediaEnd Match berbasis aplikasi Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/yang dikembangkan dapat menjadi salah satu alternatif bagi praktisi dalam upayaEnd Match meningkatkan pengetahuan atletnya Begin Match to source 2 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/download/765/592/dalamEnd Match ekstrakurikuler pada isyarat perwasitan bolavoli. Begin Match to source 4 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/583Media yang dikembangkan juga menyediakan petunjuk penggunaan aplikasi yang tercetak. Ini dimaksudkan sebagai panduan pengguna sebelum menggunakan produk. Dalam petunjuk penggunaan aplikasi dijelaskan tentang rasional pengembangan produk, tujuan, sasaran dan prosedur sebelum menggunakan aplikasi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuanEnd Match afektif dan kognitif atlet terhadap pemahaman isyarat Begin Match to source 4 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/583wasit bolavoli. Di dalam petunjuk penggunaan juga dilengkapi dengan penjelasanEnd Match yang sangat baik Begin Match to source 4 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/583danEnd Match acuan ni Begin Match to source 4 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/583sebagai acuan dalamEnd Match penggunaan Begin Match to source 4 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/583produk. Materi yang digunakan sebagai pesan dalam aplikasi perwasitan bolavoli diwujudkan dalam bentuk gambar yang disertai dengan analisis geraknya. Dalam aplikasi perwasitan bolavoli juga terdapat peraturan permainanEnd Match bolavoliyang Begin Match to source 4 in source list: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/583ditampilkan dengan format PDF. Aplikasi perwasitan bolavoli ini didesain dan disusun selayak mungkin untuk menjadi media yang dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuanEnd Match afektif dan kognitif atlet terhadap isyarat perwasitan bolavoli Begin Match to source 14 in source list: Submitted to Konsorsium Turnitin Relawan Jurnal Indonesia on 2020-12-10karena kejelasan dan kemenarikan desain produk berpengaruh pada pengguna dalam menggunakan aplikasi. Hal ini diperkuat oleh pendapat Sutopo (2012) bahwa desain visual yang baik memberikan pengaruh yang kuat pada kejelasan, konsistensi, dan estetis produk yang dikembangkan.End Match Kelebihan lainnya yaitu Begin Match to source 14 in source list: Submitted to Konsorsium Turnitin Relawan Jurnal Indonesia on 2020-12-10mediaEnd MatchBegin Match to source 6 in source list: http://repository.upstegal.ac.id/2171/1/SKRIPSI implementasi media pembelajaran flash berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik~1.pdfini dapat digunakan secara mandiri baik di sekolah maupun di luar sekolah karena media ini mudah di dapatkan cukup men- download melalui GoogleEnd Match Playstore, Begin Match to source 6 in source list: http://repository.upstegal.ac.id/2171/1/SKRIPSI implementasi media pembelajaran flash berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik~1.pdfmaka dapat digunakan dengan praktis serta dapatEnd Match didownload Begin Match to source 6 in source list: http://repository.upstegal.ac.id/2171/1/SKRIPSI implementasi media pembelajaran flash berbasis android untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik~1.pdfmemalui gadgetEnd Match lalu aplikasi ini bersifat offline dan bisa digunakan kapanpun. Adapun kekurangan pada pengembangan media ini sebaiknya produk ini disusun kembali menjadi produk yang lebih baik meliputi halaman beranda, halaman materi, halaman profil dan halaman pemilihan bahasa dan pengembangan media ini bisa disosialisasikan pada pihak pihak terkait terutama PBVSI sehingga produk ini mendapatkan pengakuan sebagai media pembelajaran terkait isyarat wasit bolavoli. Hal ini juga sesuai dengan penelitian Christianto & Dwiyogo (2019) Begin Match to source 12 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/11878/5078berdasarkan hasil uji daya tarik produk mengenai pengembangan media pembelajaran olahraga cricket berbasis mobile learning pada mahasiswa yang bergabung dengan tim olahraga cricket Universitas Negeri Malang terdapat nilai hasil uji persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat baik.End Match 4. Simpulan Berdasarkan pengumpulan data dari ahli media pembelajaran, ahli perwasitan bolavoli dan peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan melalui uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar, dapat dismpulkan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli dengan hasil produk berupa aplikasi ini dapat digunakan dengan hasil presentase yang baik atau sangat valid dan juga bisa digunakan pada pembelajaran bolavoli pada mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. 5. References Adi, T. G., Pradipta, G. D., & Setyawan, A. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bola Voli Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Se-Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional KeIndonesiaan IV Tahun 2019, 181–189. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Criket Universitas Negeri Malang. Gelanggan Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168–174. Dwiyogo, W. . (2003). Pengembangan Sumber Belajar dalam Pembelajaran (1st ed.). Malang: Wineka Media. Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Journal Education Research and Development, 4(1), 1–18. Gall, D. M., Borg, L. W., & Gall, P. J. (1983). Educational Research an Introduction (7th ed.). Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi Ekstrakurikuler Bolabasket Terhadap Pembimbitan Atlet dan Peningkatan Kesegaran Jasmani. Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1), 45–50. Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (1st ed.). Surabaya: Unesa University Press. Muharram, N. A., & Putra, R. P. (2019). Pengembangan Buku Saku Mobile Learning Berbasis Android Tentang Signal-Signal Wasit Bolavoli Kota Kediri. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 1–6. Banyuwangi: Universitas PGRI Banyuwangi. Mulyanto, R. (2016). Belajar dan Pembelajaran Penjas. Bandung: UPI. Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Curriculum and Educational Technology, 6(2301), 79–83. Pane, P. D. A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Tutorial MAteri Renang Gaya Bebas. Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, 52–55. Medan: Universitas Negeri Medan. Pratama, H. G., Hariyadi, K., & Febrianto, R. (2018). Profile of Physical Fitness Level of Students-High School Students in Trenggalek Regency Based on TKJI. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 7(3), 142–145. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/26586 Putra, R. E., & Fudin, M. S. (2019). Development of Football Bowling Game for Football Learning Approaches. Active Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 8(3), 143–147. Sa’dun, A., & Sriwijaya, H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) (1st ed.). Yogyakarta: Cipta Media. Santoso, W. B., & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Gawang Ayun Badaspa Dalam Pembelajaran Sepakbola Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sugihan. Kejaora, 5(1), 57–65. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (19th ed.). Bandung: Alfabeta. Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Fahrial, A. (2016). Pengembangan Buku Saku Elektronik Berbasis Android Tentang Signal Signal Wasit Futsal Untuk Wasit Futsal di Kabupaten Pasuruan. Pendidikan Jasmani, 26(2), 304–317. Titting, F., Hidayah, T., & Pramono, H. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Senam Lantai Berbasis Android Pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMA. Of Physical Education and Sport, 5(2), 120– 126. Wayan, A. (2002). Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang. Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani (2013th ed.). Malang: UM Press. Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S../JPA 1 (2) 2020 60-72 61 ISSN 2716-487X (Online) 62 Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S./JPA 1 (2) 2020 60-72 ISSN 2716-487X (Online) Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S../JPA 1 (2) 2020 60-72 63 ISSN 2716-487X (Online) 64 Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S./JPA 1 (2) 2020 60-72 ISSN 2716-487X (Online) Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S../JPA 1 (2) 2020 60-72 65 ISSN 2716-487X (Online) 66 Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S./JPA 1 (2) 2020 60-72 ISSN 2716-487X (Online) Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S../JPA 1 (2) 2020 60-72 67 ISSN 2716-487X (Online) 68 Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S./JPA 1 (2) 2020 60-72 ISSN 2716-487X (Online) Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S../JPA 1 (2) 2020 60-72 69 ISSN 2716-487X (Online) 70 Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S./JPA 1 (2) 2020 60-72 ISSN 2716-487X (Online) Ardiansyah, E., Pratama, H. G., & Sulendro, S../JPA 1 (2) 2020 60-72 71 ISSN 2716-487X (Online) 72 Ardiasnyah, E., Pratama, H. G. & Sulendro, S./JPA 1 (2) 2020 60-72 ISSN 2716-487X (Online) Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459Pengembangan media pembelajaran berbasisEnd Match aplikasi Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459tentang isyarat-isyaratEnd Match wasit Begin Match to source 1 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Penjaskes/article/view/37459bolavoliEnd Match di SMA Negeri 2 Karangan Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tentang isyarat-isyarat wasit bolavoli di SMA Negeri 2 Karangan