This is a preview of the print version of your report. Please click "print" to continue or "done" to close this window.

done

or Cancel

 
Similarity Index
38%
Similarity by Source
Internet Sources:
38%
Publications:
11%
Student Papers:
19%

Tingkat Keterampilan Sepak Mula pada Peserta Ektrakurikuler Sepak Takraw MTs Progresif Darunnajah Eriec Cahya Suprobo1, Muhammad Soleh Fudin2,* STKIP PGRI Trenggalek, Jl. Supriyadi No. 22, Trenggalek, Indonesia *[email protected] __________________________________________________________________________________________ Abstrak - Sepak takraw Begin Match to source 4 in source list: http://eprints.uny.ac.id/9372/2/BAB 1 - 10604227158.pdfsebagai permainan beregu, maka kemenangan satu regu ditentukan oleh banyak faktor, dua faktor diantaranya adalah: 1) penguasaan teknik bermain sepaktakraw secara individu, dan 2) kerjasama tim yang baik. PenguasaanEnd MatchBegin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/zpw9rx7y-s-jkr-1203231-chapter1.htmlketerampilan sepak takraw tidak dapat lepas dari penguasaan teknik dasar permainan sepak takraw, salah satunya adalah teknikEnd Match sepakan. Dalam permainan Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/zpw9rx7y-s-jkr-1203231-chapter1.htmlsepakEnd Match takraw untuk memenangkan pertandingan salah satu kunci utama adalah sepak mula. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti di ektrakurikuler sepak takraw MTs Progresif Darunnajah belum ada data terkait tingkat keterampilan bermain sepak takraw. Begin Match to source 27 in source list: http://eprints.uny.ac.id/60369/1/SKRIPSI_Catur Wira Tamtama_11601244071.pdfPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatEnd Match keterampilan sepak mula Begin Match to source 27 in source list: http://eprints.uny.ac.id/60369/1/SKRIPSI_Catur Wira Tamtama_11601244071.pdfpada pesertaEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 27 in source list: http://eprints.uny.ac.id/60369/1/SKRIPSI_Catur Wira Tamtama_11601244071.pdfdiEnd Match MTs Progresif Darunnajah. Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfJenis penelitian ini merupakan penelitianEnd Match survey dengan pendekatan Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfkuantitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan informasi yang ada sesuai dengan variabel yang diteliti.End Match Sedangkan sampel Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfpenelitianEnd Match mengambil seluruh populasi yang ada yaitu sejumlah 19 peserta ekstrakurikuler dengan Begin Match to source 18 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/57422teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan dataEnd MatchBegin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdfyang digunakan dalam penelitian ini adalahEnd Match menggunakan tes keterampilan. Begin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdfSedangkanEnd Match instrumen Begin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdfpengumpulan data menggunakanEnd Match panduan pelaksanan Begin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdftesEnd Match ketrampilan sepak mula. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Analisis data awal Begin Match to source 20 in source list: http://repository.unib.ac.id/8242/menggunakan statistik sederhana untuk mengetahui nilai rata-rata danEnd Match standar deviasi sebagai bahan untuk menentukan pengkategorian. Pengkategorian menggunakan 5 kategori dan Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/untuk menentukan kriteria skor menggunakan penilaian acuan norma (PAN).End Match Setelah dikategorikan dilanjutkan dengan analisis data Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfpersentase. Hasil penelitianEnd Match ini Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfbahwa tingkat keterampilan sepakEnd Match mula pada Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfpesertaEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfsepakEnd Match takraw Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfdiEnd Match MTs Progresif Darunnajah Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfdengan kategoriEnd Match sangat Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfbaik terdapatEnd Match 1 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 5%, Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkategori baik terdapatEnd Match 5 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 26%, kategori cukup terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori kurang terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori sangat kurang terdapat 1 peserta didik dengan 5%. Kata kunci: Keterampilan, Sepak Mula, Ekstrakurikuler, Sepak Takraw PENDAHULUAN Begin Match to source 6 in source list: http://eprints.uny.ac.id/69077/1/SKRIPSI_KHUSNUTSAWAB.pdfKegiatan EkstrakurikulerEnd Match merupakan Begin Match to source 6 in source list: http://eprints.uny.ac.id/69077/1/SKRIPSI_KHUSNUTSAWAB.pdfkegiatan kurikuler yang dilakukan olehEnd Match siswa Begin Match to source 6 in source list: http://eprints.uny.ac.id/69077/1/SKRIPSI_KHUSNUTSAWAB.pdfdi luar jam belajar kegiatan intrakurikuler dan kegiatan kokurikuler, di bawah bimbingan dan pengawasan satuan pendidikan. “Kegiatan Ekstrakurikuler diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirianEnd Match siswa Begin Match to source 6 in source list: http://eprints.uny.ac.id/69077/1/SKRIPSI_KHUSNUTSAWAB.pdfsecara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan nasional.”End Match (Kemendikbud RI, 2014) Sedangkan Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57397/1/skripsi.pdfmenurut (Hastuti, 2008), “ekstrakurikuler merupakan program sekolah, berupa kegiatan siswa, optimasi pelajaran terkait, menyalurkan bakat dan minat, kemampuan dan keterampilan untuk memantapkan kepribadian siswa.” KegiatanEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57397/1/skripsi.pdftersebut memperolehEnd Match manfat Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57397/1/skripsi.pdfdan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kegiatan yang diikuti. Salah satuEnd MatchBegin Match to source 10 in source list: http://lib.unnes.ac.id/37097/1/6101415062_Optimized.pdfwadah pembinaan di sekolah dalam mengembangkan bakatEnd Match di bidang Begin Match to source 10 in source list: http://lib.unnes.ac.id/37097/1/6101415062_Optimized.pdfolahraga yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang terkoordinasi, terarah, dan terpadu yang bertujuan dapat mengembangkan bakat, minat dan kemauanEnd Match siswa Begin Match to source 10 in source list: http://lib.unnes.ac.id/37097/1/6101415062_Optimized.pdfsesuai yang diinginkan, termasukEnd Match di bidang Begin Match to source 10 in source list: http://lib.unnes.ac.id/37097/1/6101415062_Optimized.pdfolahraga.End Match “Tujuan pelaksanaan Begin Match to source 10 in source list: http://lib.unnes.ac.id/37097/1/6101415062_Optimized.pdfkegiatanEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06pada satuan pendidikan adalah kegiatanEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06harus dapat meningkatkan kemampuanEnd Match kognitif, Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06afektif dan psikomotor peserta didikEnd Match dan Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06kegiatanEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06mengembangkanEnd Match bakat Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06danEnd Match minat Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-06peserta didik dalam upaya pembinaan pribadi menuju pembinaan manusia seutuhnya.”End Match (Kemendikbud RI, Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-09-062013)End Match Salah satu ektrakurikuler yang ada di sekolah khususnya di kabupaten Trenggalek yang diminati adalah ektrakurikuler sepak takraw. Meskipun ekstrakurikuler sepak takraw diminati, tapi perkembangan sepak takraw agak terlambat. Hal tersebut karena kurangnya pelatih maupun guru pendidikan jasmani menguasai teknik maupun taktik dalam permainan sepak takraw. Seorang pelatih harus mempunyai kompetensi melatih baik kompetensi teori maupun praktek, agar seorang pelatih dapat merencanakan latihan, melakukan proses latihan dan evaluasi latihan dengan baik. “Sepak takraw Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2017-04-25merupakan cabang olahragaEnd Match tradisional Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2017-04-25yang sedikit unikEnd Match dibanding Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2017-04-25olahraga lainnya, keunikan sepaktakrawEnd Match tersebut Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2017-04-25dominannyaEnd Match pada Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2017-04-25unsur senam dan akrobatik sebagai dasar keterampilan.”End Match (Ramadhan & Bulqini, 2018) Dari keunikan tersebut Begin Match to source 25 in source list: https://karyailmiah.unipasby.ac.id/2017/01/28/hnf02/dapat digaris bawahi bahwaEnd Match sepak takraw Begin Match to source 25 in source list: https://karyailmiah.unipasby.ac.id/2017/01/28/hnf02/tanpa pembinaan dini akan sulit melahirkanEnd Match atlet Begin Match to source 25 in source list: https://karyailmiah.unipasby.ac.id/2017/01/28/hnf02/yang berprestasi optimal.End Match “Sepak takraw Begin Match to source 4 in source list: http://eprints.uny.ac.id/9372/2/BAB 1 - 10604227158.pdfsebagai permainan beregu, maka kemenangan satu regu ditentukan oleh banyak faktor, dua faktor diantaranya adalah: 1) penguasaan teknik bermain sepaktakraw secara individu, dan 2) kerjasama tim yang baik.”End Match (Sunggono, 2008) Faktor Begin Match to source 4 in source list: http://eprints.uny.ac.id/9372/2/BAB 1 - 10604227158.pdfpenguasaan teknikEnd Match bermain merupakan faktor dasar permainan sepak takraw. Menurut (Susana & Wibowo, 2013) Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/zpw9rx7y-s-jkr-1203231-chapter1.html“Penguasaan keterampilan sepak takraw tidak dapat lepas dari penguasaan teknik dasar permainan sepak takraw, salah satunya adalah teknikEnd Match sepakan.” Sepakan dalam Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/zpw9rx7y-s-jkr-1203231-chapter1.htmlsepakEnd Match takraw diantaranya Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/zpw9rx7y-s-jkr-1203231-chapter1.htmlsepakEnd Match mula (servis), Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/zpw9rx7y-s-jkr-1203231-chapter1.htmlsepak sila, sepakEnd Match cungkil, sepak kuda, sepak kedeng. Menurut Yusuf, “servis adalah Begin Match to source 3 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/461/3/Hal. 204-208 (Reza Maulana).pdfpermainan dimulai dengan lambungan bola yang terbuat dari rotan atau fiber oleh apit kiri atau kanan yang diarahkan kepada tekong.”End Match (Maulana & Nurudin, 2018) Untuk meningkatkan keterampilan teknik sepakan diperlukan proses latihan. Menurut Ida Bagus Wiguana, Begin Match to source 3 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/461/3/Hal. 204-208 (Reza Maulana).pdf“proses latihan perlu disusun secara terencana dan sistematis yang tidak lepas dari beberapa ketentuan yang menjadi petunjuk dasar dalam menjalankan latihan.”End Match (Maulana & Nurudin, 2018) Dalam permainan sepak takraw untuk memenangkan pertandingan salah satu kunci utama adalah sepak mula. Hal tersebut maksudnya, keberhasilan melakukan sepak mula yang dilakukan pemain (tekong) mempunyai peluang mencetak angka dan apabila seorang pemain (tekong) gagal melakukan sepak mula maka gagallah untuk mencetak angka. Maka keterampilan sepak mula merupakan faktor penting berjalannya permainan sepak takraw. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti bahwa di MTs Progresif Darunnajah terdapat ektrakurikuler sepak takraw. Ekstrakurikuler sepak takraw di sekolah tersebut terdapat beberapa kendala dalam proses pelaksanaan pelatihan diantaranya sarana dan prasarana seadanya, belum adanya program latihan yang terstruktur, kedatangan peserta ektrakurikuler tidak ajeg, kurangnya mengembangkan metode dan modifikasi dalam pelatihan, latihan belum mengarah pada peningkatan keterampilan teknik dasar sepak takraw melainkan kebanyakan game. Selain itu belum ada data terkait tingkat keterampilan bermain sepak takraw. Berdasarkan penelitian yang relevan (Sudarno, 2016) bahwa hasil dari keterampilan sepak mula pada peserta ekstrakurikuler sepak takraw di SD Kradenan Kabupaten Kebumen menunjukkan kategori sedang. Atas dasar uraian permasalahan dan penelitian yang relevan, peneliti bermaksud untuk mengkaji secara ilmiah terkait keterampilan sepak mula pada peserta ektrakurikuler di MTs Progresif Darunnajah. Dari hasil penelitian ini mengasilkan data keterampilan sepak mula peserta ektrakurikuler dan diharapkan khususnya pelatih ektrakurikuler mendapatkan data tersebut sebagai dasar untuk menentukan program latihan yang akan datang pada ektrakurikuler sepak takraw di MTs Progresif Darunnajah METODE Begin Match to source 24 in source list: http://eprints.uny.ac.id/42152/1/SKRIPSI FARIT KHULFANI.pdfPenelitian ini bertujuan untuk menggambarkan seberapa tinggi tingkat keterampilanEnd Match sepak mula permainan Begin Match to source 24 in source list: http://eprints.uny.ac.id/42152/1/SKRIPSI FARIT KHULFANI.pdfsepaktakraw peserta ekstrakurikuler sepaktakraw diEnd Match MTs Progresif Darunnajah. Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfJenis penelitian ini merupakan penelitianEnd Match survey dengan pendekatan Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfkuantitatif. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan informasi yang ada sesuai dengan variabel yang diteliti.End Match Polulasi dalam Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfpenelitianEnd Match ini Begin Match to source 9 in source list: http://eprints.uny.ac.id/30979/1/Nurhayat 10504241029.pdfadalahEnd Match seluruh peserta ekstrakurikuler sepaktakraw di MTs Progresif. Sedangkan sampel penelitian mengambil seluruh populasi yang ada yaitu sejumlah 19 peserta ekstrakurikuler dengan Begin Match to source 18 in source list: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/manajemen/article/view/57422teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling. Teknik pengumpulan dataEnd MatchBegin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdfyang digunakan dalam penelitian ini adalahEnd Match menggunakan tes keterampilan. Begin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdfSedangkanEnd Match instrumen Begin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdfpengumpulan data menggunakanEnd Match panduan pelaksanan Begin Match to source 15 in source list: http://eprints.uny.ac.id/57125/1/Skripsi-Dita Palupi-14601241046.pdftesEnd Match ketrampilan sepak mula. (Winarno, 2006) Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Analisis data awal Begin Match to source 20 in source list: http://repository.unib.ac.id/8242/menggunakan statistik sederhana untuk mengetahui nilai rata-rata danEnd Match standar deviasi sebagai bahan untuk menentukan pengkategorian. Pengkategorian menggunakan 5 kategori dan Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/untuk menentukan kriteria skor menggunakan penilaian acuan norma (PAN)End Match (Anwar, 2012) Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/sebagai berikut: TabelEnd Match I. kategori keterampilan sepak mula No Rentang Norma Begin Match to source 5 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37365/1/SKRIPSI_Rizki Agatha Pramudia_12604224037.pdfKategori 1 M +1,5 SD < X Sangat Baik 2 M + 0,5 SD < X ≤ M + 1,5 SD Baik 3 M - 0,5 SD < X ≤ M + 0,5 SD Sedang 4 M - 1,5 SD < X ≤ M - 0,5 SD Kurang 5 X ≤ M - 1,5 SD Kurang SekaliEnd Match Setelah perolehan Begin Match to source 5 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37365/1/SKRIPSI_Rizki Agatha Pramudia_12604224037.pdfnilaiEnd Match setiap teste dikategorikan dilanjutkan Begin Match to source 21 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2016-06-21menganalisis data dengan persentaseEnd Match (Sudijono, 2011) Begin Match to source 21 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2016-06-21denganEnd Match menggunakan Begin Match to source 21 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2016-06-21rumus sebagai berikut: P= fEnd Match x100% Begin Match to source 21 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2016-06-21N Keterangan : P =persentase f =frekuensiEnd Match dalam satu kategori Begin Match to source 21 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2016-06-21N =jumlahEnd Match testee HASIL Hasil Begin Match to source 29 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmldalam penelitian iniEnd Match berupa hasil Begin Match to source 29 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlanalisis deskriptif danEnd Match analisis persentase keterampilan sepak mula. Hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: Deskripsi Data Penelitian Tabel II. deskripsi data keterampilan sepak mula bawah Variabel N N N Mean SD Mak Min. Keterampilan sepak mula bawah peserta 19 37 13 24,74 7,23 ekstrakurikuler sepak takraw Berdasarkan hasil tabel 2 dari 19 sampel Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfdiperoleh nilai maksimalEnd Match 37, Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfnilai minimalEnd Match 13, nilai Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfmean 24,End Match 74 Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfdan standar deviasiEnd Match 7,23. Tabel III. deskripsi data keterampilan sepak mula atas Variabel N Mak Min. Mean N N SD Keterampilan sepak mula atas peserta 19 21 7 15,26 3,54 ekstrakurikuler sepak takraw Berdasarkan hasil tabel 3 dari 19 sampel diperoleh nilai maksimal 21, nilai minimal 7, nilai mean 15,26 dan standar deviasi 3,54. Tabel IV. deskripsi data keterampilan sepak mula Variabel N N N Mak Mean SD Min. Keterampilan sepak mula atas peserta 19 58 20 40,00 10,34 ekstrakurikuler sepak takraw Berdasarkan hasil tabel 4 dari 19 sampel Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfdiperoleh nilai maksimalEnd Match 58, Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfnilai minimalEnd Match 20, nilai Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfrata-rata (mean)End Match 40,00 Begin Match to source 16 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/267900668.pdfdan standar deviasiEnd Match 10,34. Hasil Analisis Data Tingkat Keterampilan Sepak Mula Bawah Tabel V. hasil analisis data tingkat keterampilan sepak mula bawah No Rentang Norma Kategori Jumlah (%) 1 36 > Sangat Baik 1 5% 2 28 s/d 36 Baik 6 32% 3 21 s/d 27 Cukup 6 32% 4 14 s/d 20 Kurang 5 26% 5 < 14 Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/Sangat Kurang 1 5% JumlahEnd Match 19 Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/100% BerdasarkanEnd Match hasil Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/tabelEnd Match 5 dari 19 sampel diperoleh kategori sangat Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfbaik terdapat 1 peserta didik denganEnd Match 5%, Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkategori baik terdapatEnd Match 6 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 32%, kategori cukup terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkurang terdapat 5 peserta didik denganEnd Match 26%, kategori sangat kurang terdapat 1 peserta didik dengan 5%. Hasil analsis Begin Match to source 14 in source list: http://eprints.uny.ac.id/66892/data tersebutEnd Match juga Begin Match to source 14 in source list: http://eprints.uny.ac.id/66892/ditampilkan dalam diagram batang sebagai berikut:End Match Keterampilan Sepak Mula Bawah 35% 30% 25% 20% 15% 10% Keterampilan 5% Sepak Mula 0% Bawah Gambar 1. diagram batang keterampilan sepak mula bawah Hasil Analisis Data Tingkat Keterampilan Sepak Mula Atas Tabel VI. hasil analisis data tingkat keterampilan sepak mula atas No Rentang Norma Kategori Jumlah (%) 1 21 > Sangat Baik 0 0% 2 17 s/d 21 Baik 5 26% 3 13 s/d 16 Cukup 10 53% 4 14 s/d 12 Kurang 3 16% 5 < 14 Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/Sangat Kurang 1 5% JumlahEnd Match 19 Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/100% BerdasarkanEnd Match hasil Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/tabelEnd Match 6 dari 19 sampel diperoleh Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkategori sangat baik terdapatEnd Match 0 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didikEnd Match dengan 0%, Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkategori baik terdapatEnd Match 5 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 26%, kategori cukup terdapat 10 peserta didik dengan 53%, kategori kurang terdapat 3 peserta didik dengan 16%, kategori sangat kurang terdapat 1 peserta didik dengan 5%. Hasil analsis Begin Match to source 14 in source list: http://eprints.uny.ac.id/66892/data tersebutEnd Match juga Begin Match to source 14 in source list: http://eprints.uny.ac.id/66892/ditampilkan dalam diagram batang sebagai berikut:End Match Keterampilan Sepak Mula Atas 60% 50% 40% 30% 20% Keterampilan 10% Sepak Mula 0% Atas Gambar II. Diagram Batang Keterampilan Sepak Mula Atas Hasil Analisis Data Tingkat Keterampilan Sepak Mula Tabel VII. hasil analisis data tingkat keterampilan sepak mula No Rentang Norma Kategori Jumlah (%) 1 56 > Sangat Baik 1 5% 2 45 s/d 56 Baik 5 26% 3 35 s/d 44 Cukup 6 32% 4 24 s/d 34 Kurang 6 32% 5 < 24 Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/Sangat Kurang 1 5% JumlahEnd Match 19 Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/100% BerdasarkanEnd Match hasil Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/tabelEnd Match 7 dari 19 sampel diperoleh kategori sangat Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfbaik terdapat 1 peserta didik denganEnd Match 5%, Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkategori baik terdapatEnd Match 5 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 26%, kategori cukup terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori kurang terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori sangat kurang terdapat 1 peserta didik dengan 5%. Hasil analsis Begin Match to source 14 in source list: http://eprints.uny.ac.id/66892/data tersebutEnd Match juga Begin Match to source 14 in source list: http://eprints.uny.ac.id/66892/ditampilkan dalam diagram batang sebagai berikut:End Match Keterampilan Sepak Mula 35% 3205%% 2105%% 10% 5% Keterampilan 0% Sepak Mula Gambar III. Diagram Batang Keterampilan Sepak Mula PEMBAHASAN Pembahasan penelitian ini dari hasil penelitian yang relevan (Sudarno, 2016) bahwa hasil penelitian tingkat keterampilan sepak mula berkategori sedang. Sedangkan hasil penelitian ini tingkat keterampilan sepak mula peserta ektrakurikuler sepak takraw MTs Prograsif Darunnajah kategori tertinggi adalah kategori cukup dan kurang dengan persentase 32%, selainnya kategori baik 26% dan kategori sangat baik dan sangat kurang 5%. Hasil tersebut sebanding dengan hasil studi pendahuluan terkait keadaan pelatihan di ektrakurikuler MTs Progresif Darunnajah. KESIMPULAN Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfHasil penelitianEnd Match ini Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfbahwa tingkat keterampilan sepakEnd Match mula pada Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfpesertaEnd Match ektrakurikuler Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfsepakEnd Match takraw Begin Match to source 19 in source list: http://eprints.uny.ac.id/37512/1/SKRIPSI. pdf.pdfdiEnd Match MTs Progresif Darunnajah Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfdengan kategoriEnd Match sangat Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfbaik terdapatEnd Match 1 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 5%, Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfkategori baik terdapatEnd Match 5 Begin Match to source 1 in source list: http://repository.iainpare.ac.id/712/1/14.1200.036.pdfpeserta didik denganEnd Match 26%, kategori cukup terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori kurang terdapat 6 peserta didik dengan 32%, kategori sangat kurang terdapat 1 peserta didik dengan 5%. Dari hasil penelitian tersebut dapat digunakan sebagai data referensi tentang keterampilan sepak mula bagi pelatih ektrakurikuler MTs Progresif Darunnajah untuk meningkatkan ketrampilan sepak mula anak didiknya. REFERENSI Anwar, S. Begin Match to source 28 in source list: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10546/SKRIPSI KIKY FINAL.pdf?isAllowed=y&sequence=2(2012). Reliabilitas dan Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.End MatchBegin Match to source 17 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/download/11156/5121Hastuti, T. A. (2008). Kontribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 5(1).End Match Kemendikbud RI. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013: Imlementasi Kurikulum. JDIH Kemendikbud. Kemendikbud RI. (2014). Permendikbud Nomor 62 Tahun 2014. JDIH Kemendikbud. Maulana, R., & Nurudin, A. A. Begin Match to source 3 in source list: http://eprints.ummi.ac.id/461/3/Hal. 204-208 (Reza Maulana).pdf(2018). Pengaruh Metode Latihan Servis Sepaktakraw Terhadap Keterampilan Sepakmula Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw SMPN 5 Kota Sukabumi Tahun 2018.End Match Repository of UMMI. Begin Match to source 13 in source list: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/26045Ramadhan, A., & Bulqini, A. (2018). Analisis Receive pada Pertandingan Final Sepak Takraw POMDA Jatim 2017. Journal of Sport and Exercise Science, 1(1), 13–19.End MatchBegin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/Sudarno. (2016). Tingkat Keterampilan BermainEnd Match Sepak Takraw Begin Match to source 2 in source list: http://eprints.uny.ac.id/63449/Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw di SD Kradenan Kabupaten Kebumen Tahun 2015/2016.End Match Eprints.uny.ac.id. Begin Match to source 26 in source list: http://eprints.uny.ac.id/58478/1/SKRIPSI MUHAMMAD BAHRUN A.pdfSudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan.End Match In Begin Match to source 26 in source list: http://eprints.uny.ac.id/58478/1/SKRIPSI MUHAMMAD BAHRUN A.pdfJakarta:Raja Grafindo Persada.End Match Sunggono. (2008). Sepak Takraw. Jakarta: Ganesa Exact. Begin Match to source 12 in source list: http://repository.upi.edu/47896/9/FPOK_S_JKR_1405308_Bibilography.pdfSusana, A., & Wibowo, S. (2013). Penggunaan Media Pelatihan Bola Modifikasi Terhadap Hasil Prestasi Sepak Sila PadaEnd Match Ekstrakurikuler Begin Match to source 12 in source list: http://repository.upi.edu/47896/9/FPOK_S_JKR_1405308_Bibilography.pdfSepak Takraw. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1).End MatchBegin Match to source 23 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/gpji/article/download/921/1845Winarno, M. E. (2006). Tes Keterampilan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu PendidikanEnd Match UM. Jurnal Kepelatihan Olahraga SMART SPORT Volume 18 Nomor 1 Februari 2021 19 Jurnal Kepelatihan Olahraga SMART SPORT Volume 18 Nomor 1 Februari 2021 20 Jurnal Kepelatihan Olahraga SMART SPORT Volume 18 Nomor 1 Februari 2021 21 Jurnal Kepelatihan Olahraga SMART SPORT Volume 18 Nomor 1 Februari 2021 22 Jurnal Kepelatihan Olahraga SMART SPORT Volume 18 Nomor 1 Februari 2021 23