This is a preview of the print version of your report. Please click "print" to continue or "done" to close this window.

done

or Cancel

 
Similarity Index
24%
Similarity by Source
Internet Sources:
23%
Publications:
16%
Student Papers:
12%

Begin Match to source 14 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/Education Journal : Journal Education Research and Development p-ISSN : 2548-9291 e-ISSN : 2548-9399 PENGARUHEnd Match LITERASI EKONOMI Begin Match to source 14 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/DANEnd Match GAYA HIDUP Begin Match to source 14 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/TERHADAPEnd Match PERILAKU KONSUMTIF Begin Match to source 14 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/SISWAEnd MatchBegin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlKELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEKEnd Match Flora Puspitaningsih1), Dio Yan Admoko1) 1) STKIP PGRI Trenggalek [email protected] Received:20 August 2020; Revised: 30 August 2020; Accepted: 30 November 2020 ABSTRAK: Artikel ini merupakan hasil penelitian yang ditujukan untuk mengetahui: Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/5201) PengaruhEnd Match dari Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtifEnd Match siswa, 2) Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520pengaruhEnd Match dari Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520gaya hidupEnd Match siswa Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520terhadap perilaku konsumtif, 3) pengaruhEnd Match dari Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520literasi ekonomi dan gaya hidupEnd Match secara bersama-sama Begin Match to source 11 in source list: http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520terhadap perilaku konsumtif.End Match Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional non eksperimental dengan metodeyang digunakan ex post facto. Jumlah populasinya adalah seluruh siswa kelas 11 yang jumlahnya 147 siswa. Yang diambil untuk sampel penelitian sebanyak 74 siswa metodenya propotional random sampling. Variabel penelitian adalah literasi ekonomi (X1), Gaya Hidup (X2), dan Perilaku Konsumtif (Y). Cara mengumpulkan data menggunakan metode polling (kuisioner). Berdasarkan penghitunagn dengan analisis yang digunakan menunjukkan: (1) Partial Thitung (2,134)> Ttabel (1,99346) dan signifikansi ekuivalen 0,036 <0,05 yang menandakan bahwa terindikasi adanya pengaruh yang signifikan diantara Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlliterasi ekonomi terhadap perilakuEnd Match konsumtif pada Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlsiswa kelas XI.End Match siswa Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlSMANEnd Match 2 Trenggalek Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlTahun pelajaranEnd Match 2019/2020. (2) secara parsial thitung (10,152)> Ttabel (1,99346) dengan signifikansinya yang setara sebesar 0,000 <0,05 menandakan bahwa memiliki pengaruh signifikan diantara Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlgaya hidup terhadap perilaku konsumtifEnd Match pada Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmlsiswa kelas XI SMANEnd Match 2 Trenggalek Begin Match to source 7 in source list: http://repository.um.ac.id/view/year/2018.type.htmltahunEnd Match Pendidikan 2019/2020. (3) berbarengan bahwa Fhitung (72,747)>Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181Ftabel (3,End Match 97) Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181danEnd Match taraf Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181signifikan 0,000 <0,05,End Match kesimpulanya berarti dapat Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15terdapat pengaruhEnd Match yang Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15signifikan antara literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtifEnd Match pada Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15siswaEnd Match kelas XI SMAN 2. Trenggalek tahun pendidikan 2019/2020. Secara keseluruhan literasi ekonomi dan gaya hidup perilaku konsumtif sebesar 66,3%, lainya dengan sebesar 33,7% dipengaruhi oleh faktor luar selainvariabel dalam penelitian ini. Kata Kunci: Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdfLiterasi Ekonomi, Gaya Hidup,End Match dan Perilaku Konsumtif. Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdfABSTRACT:End Match The Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdfresearch aims toEnd Match find out: Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdf1) TheEnd Match influence Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdfofEnd Match about economic Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdfliteracy onEnd Match consumptive Begin Match to source 22 in source list: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdfbehavior,End Match 2) lifestyle influences on consumptive behavior, 3) influence of economic literacy and lifestyle of consumptive behavior. This study used non- experimental correlational quantitative studies using methods (ex post facto). Acumulate population from 11 class totalling 147 students. The research samples were 74 students taken with propotional random sampling methods. The research variables are economic literacy (X1), Lifestyle (X2), and consumptive behaviour (Y). Data Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181collection techniques usingEnd Match poll (questioner) Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181method. The results ofEnd Match the Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181analysis in this studyEnd Match show: Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181(1)End Match Partial Tcount (2.134) > Ttable (1.99346) and the equivalent significance of0.036 < 0.05, indicating that Begin Match to source 18 in source list: http://lib.unnes.ac.id/35012/1/UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdfthere is aEnd Match significant Begin Match to source 18 in source list: http://lib.unnes.ac.id/35012/1/UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdfinfluence ofEnd Match influence betweeneconomic Begin Match to source 18 in source list: http://lib.unnes.ac.id/35012/1/UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdfliteracy on consumptiveEnd Match behaviour in class XI students of SMAN 2 Trenggalek Year lesson 2019/2020. (2) in partial Tcount (10.152) > Ttable (1.99346) and equivalent significance of 0.000 < 0.05 indicate that there is a significant influence between lifestyles to the consumptive behavior in class XI students of SMAN 2 Trenggalek year of Education 2019/2020. (3) in unison that Fcount (72.747) > Ftable (3.97) and a significant level Begin Match to source 19 in source list: http://repository.univ-tridinanti.ac.id/353/1/RESPIRATORY.pdfof 0.000 < 0.05, so it can be concluded that there is a significant influenceEnd Match between economic literacy and lifestyle towards consumptive behaviour in student grade XI students SMAN 2 Trenggalek year of education 2019/2020. The overall economic literacy and lifestyle of consumptive behavior is Begin Match to source 21 in source list: http://repository.wima.ac.id/22556/1/ABSTRAK.pdf66.3%, while the remaining 33.7% is influenced by otherEnd Match factors outside the Begin Match to source 21 in source list: http://repository.wima.ac.id/22556/1/ABSTRAK.pdfvariables in thisEnd Match research. Begin Match to source 21 in source list: http://repository.wima.ac.id/22556/1/ABSTRAK.pdfKeywords:End Match Economic Literacy, Lifestyle, and Consumptive Behaviour. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.417 │ 29 PENDAHULUAN Dalam perkembangan dunia industri yang pesat mangakibatkan keteresediaan barang di masyarakat makin meningkat. Sehingga masyarakat akan mudah untuk mengkonsumsi barang dengan berbagai pilihan yang telah ada, keadaan ini jika tidak dalam pengawasan atau kontrol maka akan memunculkan pola kehidupan baru dimasyarakat yaitu pola konsumtif, sehingga pola konsumtif ini akan berpengaruh pada budaya setiao manusia. Kondisi ini menjadikan konsumen tidak rasional dalam m memenuhi kebutuhanya. Konsumsi menjadi kewajiban dikarenakan berhubungan dengan pemenuhan suatu kebutuhan pokok, sedangkan berperilaku konsumtif selalu dikaitkan cara seseorang belanja, karena dengan melakukan kegiatan membeli sesuatuu atau berbelanja disinyalir mamou memberikan perasan bahagia sehingga terhindar dari suatu kepenatan, selain itu juga gaya hidup siswa di era globalisasi saat ini. Terjadinya pergerseran pola konsumsi terjadi sebagian masyarakat Indonesia ada di era globalisasi. Efek dari globalisasi semakin dirasakan kuat setelah muncul banyak pusat-pusat perbelanjaan dan munculnya berbagai jenis barang dan jasa yang di pasaran. Akibat banyak munculnya barang-barang dipasaran menandakan bahwa manusia kan semakin mudah memperoleh pemenuh kebutuhannya. Meskipun mudah memperoleh peenuh kebutuhan akan tetapi muncul permasalahan bagaiamana car untuk memperoleh barang tersebut. Dalam perkembangn pola pikir ini siswa lebih berfikir lebih kreatif dalam memperoleh barang tersebut. Dari peneliti terdahulu, sejalan dengan yang telah diungkapkan oleh Wahyudi (2013:30) “ Yang dinamakan perilaku konsumtif suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam meemenuhi kebutuhanyya secara berlebih tanpa memperhatikan tingkat rsionalitasnya, sehingga lebih cenderung ke matralistik, keingan yang berlebih untuk memiliki barang mewah untuk pemenuhan kesenangan saja”. Siswa di sekolah telah mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang ilmu ekonomi atau bisa disebut dengan literasi dalam ekonomi, sebagaimana memanfaatkan uang untuk melakuakn kegiatan menyimpang uang, investasi, melindungi dan memenuhi kebutuhan hidup. Seperti yang telah dikemukakan Sina (2012:135) menyatakan bahwa literasi dalam bidang ekonomi dianggap sangat penting guna meminimalisir perilaku seseorang untuk ememnuhi kebutuhan (konsumtif) Kebiasaan seseorang terutama siswa awalnya siswa ketika akan pergi ke pusta belanja sudah membuar perencanaaan barang yanga kan dibeli, namun ketika melihat produk lain maka ada motivasi untuk membelinya juga. Keadaan seperti inilah yang berpotensi menjadikan siswa berperilaku konsumtif. Siswa tidak menjadi tidak lagi berfikir rasional dalam membeli produk, namun siswa akan cenderung kuat tertarik pada hal-hal yang tidak direncakan sebelumnya sehingga muncul pembelian tak terduga. Puspitaningsih (2018: 108) menyatakan bahwa literasi ekonomi adalah konsep dasar dan juga merupakn prinsip dari ekonomi dalam kegiatan ekonomi berupa Pengaruh Literasi Ekonomi … (Puspitaningsih, Admoko) pengetahuan, dan pemahaman, Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfdan aspek pengetahuanEnd Match kegiatan Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfekonomi praktis yangEnd Match didapatkan Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfdi kelas.End Match Dalam hal ini seorang guru di kelas akan memberikan pembelajaran tentang literasi ekonomi, bagaimana seorang siswa menggunakan uang yang dimilikinya untuk suatu barang atau jasa yang bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari. Literasi dalam ekonomi ni merupakan suatu pengetahuan yang dibutuhkan oleh manusia untuk menguasai berbagai tugas tertentu yang ada kaitanya dengan masalah ekkonomi sejalan dengan pendapat (Kanserina, 2015: 3). Dalam artian bahwa siswa yang telah dibekali dengan pengetahuan bagaimana mengelola keuangnya, bagaimana memilih kualitas suatu barang dan kebuuhan apa yang paling mendesak sehingga semua akan terjadi sewaktu-waktu dalam kehisupan siswa dengan bekal pengetahuan maka siswa akan lebih selektif dalam berkegiatan ekonomi. Hawkins (2007: 355) juga mengatakan, bahwa Perilaku seseorang dalam membeli suatu barang termasuk gaya hidup karena itu dupengaruhi oleh kebutuhan, keinginan. Ada motivasi lain yang dijadikan pedoman dasar oleh seseorang dalam melakuakn kegiatan pembelian produk yaitu gaya hidup. Individu dalam membeli suatu produk akan selalu berlandaskan pada gaya hidup yang diiikutinya ataupun menirukan orang yang ada disekitarnya. Seperti yang dikemukakan oleh Kotler (dalam Susanto, 2013: 1) bahwa gaya hidup merupakan suatu pola pikir atau pola hidup yang akan diwujudkan dalam berbagai aktivitas di masyarakat, yang akan mendorong seberapa jauh dia peduli tentang pemikiran terhadap dirinya sendiri dari orang lain. Peneliti melakukan observasi di SMA Negeri 2 Trenggalek khususnya siswa kelas XI IPS yang saling berlomba mendapatkan, megkonsumsi, memiliki barang- barang terbaru yang lagi digemari banyak masyarakat. Dengan membeli dan memiliki barang-barang dengan merek terkenal maka akan dianggap mengikuti perkembangan zaman dan menjadikan adanya peningkatan status sosial siswa daripada teman- temannya berdasarkan barang-barang yang dimilikinya, gaya memilih model pakaian, dan banyaknya uang saku mereka. Hal ini dikarenakan jika tidak mengikuti perkembangan zaman seperti itu maka akan mendapat cap “tidak gaul”, sebuah julukan yang amat memalukan bagi mereka dan sedapat mungkin harus dihindari. Oleh karena itulah ini akan dibahas tentang adakah pengaruh dari Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlliterasi ekonomi dan gaya hidupEnd Match siswa Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlterhadap perilaku konsumtif siswa kelasEnd Match XI Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlIPS SMA NegeriEnd Match 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020 . METODE PENELITIAN Dalam penelitian ini memilih dengan jenis penelitian kuantitatif karena data yang didapat yaitu berupa angka (Sugiyono, 2016: 7), dengan tujuan mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian non eksperimen, menggunakan metode ex post facto, metode ex post facto adalah dimana data yang dibutuhkan yang dikumpulkan sudah tidak diperlukan eksperimen karena data tersebut sudah ada pada diri siswa. Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu literasi ekonomi (X1) dan gaya hidup (X2),End Match sedangkan Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15variabelEnd Match terikatnya Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15Perilaku konsumtif (Y).End Match Untuk populasinya Begin Match to source 8 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8. BAB III_20181059PIPS-E.pdfadalah seluruh siswaEnd Match di Begin Match to source 8 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8. BAB III_20181059PIPS-E.pdfkelas XI IPS diEnd Match SMA Begin Match to source 8 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8. BAB III_20181059PIPS-E.pdfNegeriEnd Match 2 Trenggalek Begin Match to source 8 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8. BAB III_20181059PIPS-E.pdfyang terdiri dari 4 kelasEnd Match tersebut adalah Begin Match to source 8 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8. BAB III_20181059PIPS-E.pdfXI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4 denganEnd Match total Begin Match to source 8 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8. BAB III_20181059PIPS-E.pdfjumlahEnd Match 147 siswa. Adapun sampel dalam penelitian di ambil sebesar 50% dari keseluruhan populasi. Cara pengambilan sampling yaitu menggunakn teknik sampling Proportional Random Sampling. Sedangkan angket yang dipakai sebagai alat pengumpul data di penelitian ini jenis angket yang tertutup yaitu angket yang ditampilkan dalam bentuk pilihan berdasarkan skala yang sudah ditetapkan, responden diminta untuk menentuka satu pilihan jawaban yang sesuai dengan kenyataanya yang ada lalu memberi tanda centang (√). Penelitian ini menggunakan dua jenis uji coba instrumen yaitu pertama uji validitas lalu dilanjutkan uji reliabilitas. Untuk mempermudah melakuakn analisis data, digunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.0. Selamjutnya dilakuakn tahapa analisis data dengan uji hipotesis yang mempunyai tujuan untuk membuktikan apakah hipotesis diterima Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712atau ditolak.End Match Pengujian Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712Uji hipotesisEnd Match di Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712penelitian iniEnd Match meliputi Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712dari uji t yang dilakukanEnd Match agar bisa Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712mengetahui pengaruhEnd Match pengetahuan Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712kewirausahaan danEnd Match lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Regresi Linier Berganda Diadakan pengujian ini karena mempunyai tujuan mengetahui pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhdapat kesiapan berwirausaha. Adapun Begin Match to source 23 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/11767/1/2010_2010172MEN.pdfpersamaan regresi dalam penelitian ini adalah:End Match Tabel 1. Begin Match to source 13 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-26Hasil Analisis RegresiEnd Match Linier Begin Match to source 13 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-26Berganda Coefficientsa Model Unstandardized Coefficients B Std. Error Standardized Coefficients Beta t Sig. 1 (Constant) Literasi EkonomiEnd Match Gaya Hidup -18.902 .420 .833 13.898 .197 .082 .157 .747 -1.360 2.134 10.152 .178 .036 .000 a. Dependent Variable: Perilaku Konsumtif (Y) Begin Match to source 10 in source list: http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jpek/article/view/712Dari hasil uji regresi linier berganda pada tabel 1End Match coefficientsa dapat dilihat bahwa didapatkan suatu persamaan rumus regresi linear berganda Y = a + b1X1 + b2X2 ( berdasarkan teori dari Riduwan, 2010: 253) yaitu Y = -18,902 + 0,420X1 + 0,833X2 yang jelasnya adalah dijelaskan berikut ini: Pengaruh Literasi Ekonomi … (Puspitaningsih, Admoko) 1. (a) adalah suatu konstanta yang besarnya -18,902 menandakan Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfbahwa jika variabelEnd Match independent Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdf(literasi ekonomi danEnd Match gaya hidup) Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfsebesar 0 (nol), maka nilaiEnd Match dari Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfvariabelEnd Match dependent (kesiapan Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfberwirausaha)End Match mencapai Begin Match to source 12 in source list: https://core.ac.uk/download/pdf/229500955.pdfsebesarEnd Match -18,902. 2. (b1) adalah koefisien regresinya dari variabel X1 telah dicapai sebesar 0,420 menunjukan bahwa tiap adanya tambahan Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560satu satuan variabel X1 denganEnd Match perkiraan Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560variabel lain (X2) dianggap konstan maka halEnd Match inilah yang Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560akanEnd Match mempengaruhi Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560peningkatan besarnyaEnd Match variabel Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560YEnd Match adalah Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560sebesar 0,End Match 420 Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/5603. (b2)End Match adalah Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560koefisienEnd Match regresinya Begin Match to source 9 in source list: https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/560dari X2 koefisien regresiEnd Match sebesar 0,833 menunjukan bahwa dari tiap tambahan Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181satu satuan variabel X2 denganEnd Match perkiraan Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181variabel lain (X1) konstan maka halEnd Match inilah Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181akanEnd Match mempengaruhi Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181peningkatan besarnya Y sebesar 0,End Match 833. Selain perihal diatas, besarnya pengaruh kedua variabel bebas yaitu Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlliterasi ekonomiEnd Match (X1) Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmldan gaya hidupEnd Match (X2) Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlterhadap perilaku konsumtif siswaEnd Match (Y) siswa Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlkelasEnd Match XI Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlIPS Di SMA NegeriEnd Match 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020 melalui uji regresi linier.. Pengujian Hipotesis a. Uji t Mengacu hasil perhitungan dengan memakai program SPSS versi 22.00 for windows, diperoleh Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/zpd78j7z-profitability-pembiayaan-mudharabah-pembiayaan-musyarakah-pembiayaan-profitabilitas-indonesia.htmlhasil pengujian uji t dapatEnd Match dibaca di Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/zpd78j7z-profitability-pembiayaan-mudharabah-pembiayaan-musyarakah-pembiayaan-profitabilitas-indonesia.htmltabel berikut: TabelEnd Match 2. Begin Match to source 17 in source list: Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2017-12-06Hasil uji t (parsial) Coefficientsa Model Unstandardized Coefficients B Std. Error Standardized Coefficients Beta t Sig. 1 (Constant)End Match Literasi Ekonomi Gaya Hidup -18.902 .420 .833 13.898 .197 .082 .157 .747 -1.360 2.134 10.152 .178 .036 .000 Dependent Variable: Perilaku Konsumtif Berdasarkan tabel 2 dapat dijelaskan bahwa uji t dalam variabel literasi ekonomi (X1) terhadap perilaku konsumtif (Y) dengan mempunyai Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366nilai sig. t < alpha yaitu sebesar 0,End Match 036 <Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/13660,05 dan thitung > ttabel yaitu sebesarEnd Match 2,134 >Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/13661,End Match 99346. Namun jika Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366signifikan t < alpha atau thitung > ttabel, makaEnd Match akan memiliki Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366nilai hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatif (HaEnd Match ) telah Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366diterima. DenganEnd Match kata lain Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366dapat diEnd Match simpulkan dalam penelitian Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366terdapat pengaruh yang signifikanEnd Match antara literasi ekonomi Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366(X1) terhadapEnd Match perilaku konsumtif (Y) siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020. Selanjutnya dapat di ketahui bahwa variabel Begin Match to source 15 in source list: Riski Puryasari. gaya hidup (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y)End MatchBegin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366memiliki nilai sig. t < alpha yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu sebesarEnd Match 10,152 >Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/13661,End Match 99346. Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366ApabilaEnd Match sig. Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366t < alpha atau thitung > ttabel,End Match selanjutnya Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366nilai hipotesis nol (H0)End Match akan Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366di tolakEnd Match jadi Begin Match to source 1 in source list: https://ejurnal.undana.ac.id/JEM/article/view/1366hipotesis alternatif (Ha) diterima.End Match Kesimpulanya bahwa antara gaya hidup (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y) siswa kelas XI (sebelas) IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020 terdapat adanya pengaruh yang signifikan . b. Begin Match to source 23 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/11767/1/2010_2010172MEN.pdfUji fEnd Match Berdasarkan Begin Match to source 23 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/11767/1/2010_2010172MEN.pdfhasil perhitungan denganEnd Match mamakai Begin Match to source 23 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/11767/1/2010_2010172MEN.pdfprogram SPSS versiEnd Match 22.00 for windows, diperoleh Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/zpd78j7z-profitability-pembiayaan-mudharabah-pembiayaan-musyarakah-pembiayaan-profitabilitas-indonesia.htmlhasil pengujian uji f dapatEnd Match dibaca Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/zpd78j7z-profitability-pembiayaan-mudharabah-pembiayaan-musyarakah-pembiayaan-profitabilitas-indonesia.htmlpada tabel berikut: TabelEnd Match 3. Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/zpd78j7z-profitability-pembiayaan-mudharabah-pembiayaan-musyarakah-pembiayaan-profitabilitas-indonesia.htmlHasil uji f (simultan) ANOVAa Model Sum of Squares df Mean Square F Sig. 1 RegressionEnd Match Residual Total 10009.692 4884.686 14894.378 2 71 73 5004.846 68.798 72.747 .000b a. Dependent Variable: Perilaku Konsumtif b. Predictors: (Constant), Gaya Hidup, Literasi Ekonomi Dari tabel 3 diatas menunjukkan bahwa Fhitung (72,747) >Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181Ftabel (3,End Match 97) Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181dan tingkatEnd Match taraf signifikansinya Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/91810,000 < 0,05End Match selanjutnya disimpulkan Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181hipotesis nolEnd Match dinyatakan ditolak Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181dan hipotesis alternatifEnd Match dinyatakn Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181diterima.End Match Sehingga Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181dapatEnd Match ditarik kesimpulan Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181bahwa H0End Match di Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181penelitian iniEnd Match dinyatakan Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181di tolak dan HaEnd Match diterima Begin Match to source 2 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/9181yangEnd Match memiliki arti telah ditemukanya pengaruh yang signifikan diantara variabel Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlliterasi ekonomi dan gaya hidupEnd Match daripada siswa Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlterhadap perilaku konsumtif siswa kelasEnd Match XI Begin Match to source 4 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/view/year/2019.htmlIPS Di SMA NegeriEnd Match 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020 secara simultan. Begin Match to source 6 in source list: https://www.neliti.com/publications/284260/pengaruh-brand-trust-dan-costumer-satisfaction-produk-go-mobile-terhadap-consumeKoefisien Determinasi Tabel 4. Hasil Koefisien Determinasi Model Summaryb Model R R Square Adjusted R Square Std. Error of the Estimate 1End Match .820a .672 .663 8.29448 c. Begin Match to source 15 in source list: Riski Puryasari. Predictors: (Constant), Gaya Hidup, Literasi EkonomiEnd Match d. Begin Match to source 15 in source list: Riski Puryasari. Dependent Variable: Perilaku KonsumtifEnd Match Pada Begin Match to source 15 in source list: Riski Puryasari. tabel 4End Match diatas, dapat diketahui koefesien korelasi terdapat di kolom R sebesar 0,820 dan nampak nilai determinasi pada kolom Adjuted R Square sejumlah 0,663 atau sebesar 66,3%. Data ini menunjukkan adanya nilai sebsar 66,3% perubahan pada variabel Y yang terpengaruhi oleh adanya perubahan dari variabel X1 dan variabel X2. Sedangkan sisanya sebesar 33,7% (100% - 66,3% = 33,7%) ada pengaruh faktor Pengaruh Literasi Ekonomi … (Puspitaningsih, Admoko) lain selain kedua variabel X1 dan variabel X2 yang mampu pengaruhi perilaku konsumtif. KESIMPULAN Secara parsial pada variabel literasi ekonomi (X1) menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,134 > 1,99346) dengan nilai sig. < 0,05 (0,036 < 0,05) sehingga ditarik kesimpulan adanya Begin Match to source 18 in source list: http://lib.unnes.ac.id/35012/1/UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdfpengaruh yang signifikan antaraEnd Match variabel Begin Match to source 18 in source list: http://lib.unnes.ac.id/35012/1/UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdfliterasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif.End Match Kemudian pada variabel gaya hidup (X2) thitung > ttabel (10,152 > 1,99346) dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel (72,747 > 3,97) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dapat ditarik kesimpualn bahwa ada pengaruh Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15antara Literasi EkonomiEnd Match siswa Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15dan Gaya HidupEnd Match siswa Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15Terhadap Perilaku Konsumtif siswaEnd Match di Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15kelasEnd Match XI Begin Match to source 3 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15IPS di SMA NegeriEnd Match 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut juga menandakan Begin Match to source 20 in source list: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1030873&title=Pendidikan+Kewirausahaan+Dan+Efikasi+Diri+Terhadap+Kesiapan+Berwirausaha+Mahasiswa&val=11329bahwa koefisien determinasi (Adjust R Square) sebesar 0,End Match 663 atau sebesar Begin Match to source 20 in source list: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1030873&title=Pendidikan+Kewirausahaan+Dan+Efikasi+Diri+Terhadap+Kesiapan+Berwirausaha+Mahasiswa&val=1132966,End Match 3%. Begin Match to source 20 in source list: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1030873&title=Pendidikan+Kewirausahaan+Dan+Efikasi+Diri+Terhadap+Kesiapan+Berwirausaha+Mahasiswa&val=11329JadiEnd Match kesimpulanya dalam Begin Match to source 20 in source list: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1030873&title=Pendidikan+Kewirausahaan+Dan+Efikasi+Diri+Terhadap+Kesiapan+Berwirausaha+Mahasiswa&val=11329penelitian ini 66,End Match 3% perilaku konsumtif Begin Match to source 20 in source list: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1030873&title=Pendidikan+Kewirausahaan+Dan+Efikasi+Diri+Terhadap+Kesiapan+Berwirausaha+Mahasiswa&val=11329dipengaruhi olehEnd Match variabel literasi ekonomi (X1) dan variabel gaya hidup (X2). Untuk sisanya yang sebesar 33 Begin Match to source 6 in source list: https://www.neliti.com/publications/284260/pengaruh-brand-trust-dan-costumer-satisfaction-produk-go-mobile-terhadap-consume,7% dipengaruhiEnd Match adanya Begin Match to source 6 in source list: https://www.neliti.com/publications/284260/pengaruh-brand-trust-dan-costumer-satisfaction-produk-go-mobile-terhadap-consumevariabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.End Match REFERENCE EQUILIBRIUM. Volume 7, No. 02. Hawkins. (2007). Consumtif Behavior. M. C. Graw Hill. Ninth Edition. Jurnal JIBEKA, Volume 7. No. 2. Kanserina, Dias. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol. 5. No. 1. Puspitaningsih, F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Pengalaman Prakerin. Sina, Peter Garlans. (2012). “Analisis Literasi Ekonomi” Jurnal Economia Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Volume 8, Nomor 2, 2012. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. S. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Wahyudi. (2013). “Tinjauan tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza”. eJournal Sosiologi, Volume 1, Nomor 4, 2013 26-36. Begin Match to source 16 in source list: Fikri Zamzami, Nanu Hasanuh. Volume 5, Nomor 1, Februari 2021End MatchBegin Match to source 16 in source list: Fikri Zamzami, Nanu Hasanuh. Volume 5, Nomor 1, Februari 2021End MatchBegin Match to source 16 in source list: Fikri Zamzami, Nanu Hasanuh. Volume 5, Nomor 1, Februari 2021End Match Volume 5, Nomor 1, Februari 2021 30 31 32 33 34 35 36