Turnitin Originality Report
- Processed on: 05-Apr-2021 10:13 PM WIB
- ID: 1551011303
- Word Count: 2724
- Submitted: 1
Pengaruh Literasi Ekonomi By Flora Puspitaningsih
- Internet Sources:
- 23%
- Publications:
- 16%
- Student Papers:
- 12%
This is a preview of the print version of your report. Please click "print" to continue or "done" to close this window.
done2% match (student papers from 15-Aug-2019)
2% match (Internet from 13-Nov-2020)
1% match (Internet from 02-Oct-2020)
1% match (Internet from 19-Nov-2020)
1% match (Internet from 26-Nov-2020)
http://repository.uin-suska.ac.id/14461/9/8.%20BAB%20III_20181059PIPS-E.pdf
1% match (Internet from 23-Feb-2021)
http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/utility/article/view/520
1% match (Internet from 18-Mar-2021)
1% match (student papers from 26-Aug-2019)
1% match (Internet from 16-Sep-2019)
http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/
1% match (publications)
1% match (publications)
1% match (student papers from 06-Dec-2017)
Submitted to Universitas Negeri Surabaya The State University of Surabaya on 2017-12-06
1% match (Internet from 16-Nov-2020)
http://lib.unnes.ac.id/35012/1/UPLOAD_UMMAMATUL_KHOIRIYAH.pdf
1% match (Internet from 30-Dec-2020)
http://repository.univ-tridinanti.ac.id/353/1/RESPIRATORY.pdf
1% match (Internet from 16-Dec-2020)
1% match (Internet from 05-Aug-2020)
1% match (Internet from 16-Sep-2017)
Education Journal : Journal Education Research and Development p-ISSN : 2548-9291 e-ISSN : 2548-9399 PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWAKELAS XI IPS DI SMA NEGERI 2 TRENGGALEK Flora Puspitaningsih1), Dio Yan Admoko1) 1) STKIP PGRI Trenggalek [email protected] Received:20 August 2020; Revised: 30 August 2020; Accepted: 30 November 2020 ABSTRAK: Artikel ini merupakan hasil penelitian yang ditujukan untuk mengetahui: 1) Pengaruh dari literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif siswa, 2) pengaruh dari gaya hidup siswa terhadap perilaku konsumtif, 3) pengaruh dari literasi ekonomi dan gaya hidup secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional non eksperimental dengan metodeyang digunakan ex post facto. Jumlah populasinya adalah seluruh siswa kelas 11 yang jumlahnya 147 siswa. Yang diambil untuk sampel penelitian sebanyak 74 siswa metodenya propotional random sampling. Variabel penelitian adalah literasi ekonomi (X1), Gaya Hidup (X2), dan Perilaku Konsumtif (Y). Cara mengumpulkan data menggunakan metode polling (kuisioner). Berdasarkan penghitunagn dengan analisis yang digunakan menunjukkan: (1) Partial Thitung (2,134)> Ttabel (1,99346) dan signifikansi ekuivalen 0,036 <0,05 yang menandakan bahwa terindikasi adanya pengaruh yang signifikan diantara literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI. siswa SMAN 2 Trenggalek Tahun pelajaran 2019/2020. (2) secara parsial thitung (10,152)> Ttabel (1,99346) dengan signifikansinya yang setara sebesar 0,000 <0,05 menandakan bahwa memiliki pengaruh signifikan diantara gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMAN 2 Trenggalek tahun Pendidikan 2019/2020. (3) berbarengan bahwa Fhitung (72,747)>Ftabel (3, 97) dan taraf signifikan 0,000 <0,05, kesimpulanya berarti dapat terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi ekonomi dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pada siswa kelas XI SMAN 2. Trenggalek tahun pendidikan 2019/2020. Secara keseluruhan literasi ekonomi dan gaya hidup perilaku konsumtif sebesar 66,3%, lainya dengan sebesar 33,7% dipengaruhi oleh faktor luar selainvariabel dalam penelitian ini. Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Gaya Hidup, dan Perilaku Konsumtif. ABSTRACT: The research aims to find out: 1) The influence of about economic literacy on consumptive behavior, 2) lifestyle influences on consumptive behavior, 3) influence of economic literacy and lifestyle of consumptive behavior. This study used non- experimental correlational quantitative studies using methods (ex post facto). Acumulate population from 11 class totalling 147 students. The research samples were 74 students taken with propotional random sampling methods. The research variables are economic literacy (X1), Lifestyle (X2), and consumptive behaviour (Y). Data collection techniques using poll (questioner) method. The results of the analysis in this study show: (1) Partial Tcount (2.134) > Ttable (1.99346) and the equivalent significance of0.036 < 0.05, indicating that there is a significant influence of influence betweeneconomic literacy on consumptive behaviour in class XI students of SMAN 2 Trenggalek Year lesson 2019/2020. (2) in partial Tcount (10.152) > Ttable (1.99346) and equivalent significance of 0.000 < 0.05 indicate that there is a significant influence between lifestyles to the consumptive behavior in class XI students of SMAN 2 Trenggalek year of Education 2019/2020. (3) in unison that Fcount (72.747) > Ftable (3.97) and a significant level of 0.000 < 0.05, so it can be concluded that there is a significant influence between economic literacy and lifestyle towards consumptive behaviour in student grade XI students SMAN 2 Trenggalek year of education 2019/2020. The overall economic literacy and lifestyle of consumptive behavior is 66.3%, while the remaining 33.7% is influenced by other factors outside the variables in this research. Keywords: Economic Literacy, Lifestyle, and Consumptive Behaviour. https://doi.org/10.31537/ej.v5i1.417 │ 29 PENDAHULUAN Dalam perkembangan dunia industri yang pesat mangakibatkan keteresediaan barang di masyarakat makin meningkat. Sehingga masyarakat akan mudah untuk mengkonsumsi barang dengan berbagai pilihan yang telah ada, keadaan ini jika tidak dalam pengawasan atau kontrol maka akan memunculkan pola kehidupan baru dimasyarakat yaitu pola konsumtif, sehingga pola konsumtif ini akan berpengaruh pada budaya setiao manusia. Kondisi ini menjadikan konsumen tidak rasional dalam m memenuhi kebutuhanya. Konsumsi menjadi kewajiban dikarenakan berhubungan dengan pemenuhan suatu kebutuhan pokok, sedangkan berperilaku konsumtif selalu dikaitkan cara seseorang belanja, karena dengan melakukan kegiatan membeli sesuatuu atau berbelanja disinyalir mamou memberikan perasan bahagia sehingga terhindar dari suatu kepenatan, selain itu juga gaya hidup siswa di era globalisasi saat ini. Terjadinya pergerseran pola konsumsi terjadi sebagian masyarakat Indonesia ada di era globalisasi. Efek dari globalisasi semakin dirasakan kuat setelah muncul banyak pusat-pusat perbelanjaan dan munculnya berbagai jenis barang dan jasa yang di pasaran. Akibat banyak munculnya barang-barang dipasaran menandakan bahwa manusia kan semakin mudah memperoleh pemenuh kebutuhannya. Meskipun mudah memperoleh peenuh kebutuhan akan tetapi muncul permasalahan bagaiamana car untuk memperoleh barang tersebut. Dalam perkembangn pola pikir ini siswa lebih berfikir lebih kreatif dalam memperoleh barang tersebut. Dari peneliti terdahulu, sejalan dengan yang telah diungkapkan oleh Wahyudi (2013:30) “ Yang dinamakan perilaku konsumtif suatu kegiatan yang dilakukan seseorang dalam meemenuhi kebutuhanyya secara berlebih tanpa memperhatikan tingkat rsionalitasnya, sehingga lebih cenderung ke matralistik, keingan yang berlebih untuk memiliki barang mewah untuk pemenuhan kesenangan saja”. Siswa di sekolah telah mendapatkan pengetahuan dan informasi tentang ilmu ekonomi atau bisa disebut dengan literasi dalam ekonomi, sebagaimana memanfaatkan uang untuk melakuakn kegiatan menyimpang uang, investasi, melindungi dan memenuhi kebutuhan hidup. Seperti yang telah dikemukakan Sina (2012:135) menyatakan bahwa literasi dalam bidang ekonomi dianggap sangat penting guna meminimalisir perilaku seseorang untuk ememnuhi kebutuhan (konsumtif) Kebiasaan seseorang terutama siswa awalnya siswa ketika akan pergi ke pusta belanja sudah membuar perencanaaan barang yanga kan dibeli, namun ketika melihat produk lain maka ada motivasi untuk membelinya juga. Keadaan seperti inilah yang berpotensi menjadikan siswa berperilaku konsumtif. Siswa tidak menjadi tidak lagi berfikir rasional dalam membeli produk, namun siswa akan cenderung kuat tertarik pada hal-hal yang tidak direncakan sebelumnya sehingga muncul pembelian tak terduga. Puspitaningsih (2018: 108) menyatakan bahwa literasi ekonomi adalah konsep dasar dan juga merupakn prinsip dari ekonomi dalam kegiatan ekonomi berupa Pengaruh Literasi Ekonomi … (Puspitaningsih, Admoko) pengetahuan, dan pemahaman, dan aspek pengetahuan kegiatan ekonomi praktis yang didapatkan di kelas. Dalam hal ini seorang guru di kelas akan memberikan pembelajaran tentang literasi ekonomi, bagaimana seorang siswa menggunakan uang yang dimilikinya untuk suatu barang atau jasa yang bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari. Literasi dalam ekonomi ni merupakan suatu pengetahuan yang dibutuhkan oleh manusia untuk menguasai berbagai tugas tertentu yang ada kaitanya dengan masalah ekkonomi sejalan dengan pendapat (Kanserina, 2015: 3). Dalam artian bahwa siswa yang telah dibekali dengan pengetahuan bagaimana mengelola keuangnya, bagaimana memilih kualitas suatu barang dan kebuuhan apa yang paling mendesak sehingga semua akan terjadi sewaktu-waktu dalam kehisupan siswa dengan bekal pengetahuan maka siswa akan lebih selektif dalam berkegiatan ekonomi. Hawkins (2007: 355) juga mengatakan, bahwa Perilaku seseorang dalam membeli suatu barang termasuk gaya hidup karena itu dupengaruhi oleh kebutuhan, keinginan. Ada motivasi lain yang dijadikan pedoman dasar oleh seseorang dalam melakuakn kegiatan pembelian produk yaitu gaya hidup. Individu dalam membeli suatu produk akan selalu berlandaskan pada gaya hidup yang diiikutinya ataupun menirukan orang yang ada disekitarnya. Seperti yang dikemukakan oleh Kotler (dalam Susanto, 2013: 1) bahwa gaya hidup merupakan suatu pola pikir atau pola hidup yang akan diwujudkan dalam berbagai aktivitas di masyarakat, yang akan mendorong seberapa jauh dia peduli tentang pemikiran terhadap dirinya sendiri dari orang lain. Peneliti melakukan observasi di SMA Negeri 2 Trenggalek khususnya siswa kelas XI IPS yang saling berlomba mendapatkan, megkonsumsi, memiliki barang- barang terbaru yang lagi digemari banyak masyarakat. Dengan membeli dan memiliki barang-barang dengan merek terkenal maka akan dianggap mengikuti perkembangan zaman dan menjadikan adanya peningkatan status sosial siswa daripada teman- temannya berdasarkan barang-barang yang dimilikinya, gaya memilih model pakaian, dan banyaknya uang saku mereka. Hal ini dikarenakan jika tidak mengikuti perkembangan zaman seperti itu maka akan mendapat cap “tidak gaul”, sebuah julukan yang amat memalukan bagi mereka dan sedapat mungkin harus dihindari. Oleh karena itulah ini akan dibahas tentang adakah pengaruh dari literasi ekonomi dan gaya hidup siswa terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020 . METODE PENELITIAN Dalam penelitian ini memilih dengan jenis penelitian kuantitatif karena data yang didapat yaitu berupa angka (Sugiyono, 2016: 7), dengan tujuan mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha. Dalam hal ini peneliti melakukan penelitian non eksperimen, menggunakan metode ex post facto, metode ex post facto adalah dimana data yang dibutuhkan yang dikumpulkan sudah tidak diperlukan eksperimen karena data tersebut sudah ada pada diri siswa. Penelitian ini menggunakan variabel bebas yaitu literasi ekonomi (X1) dan gaya hidup (X2), sedangkan variabel terikatnya Perilaku konsumtif (Y). Untuk populasinya adalah seluruh siswa di kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Trenggalek yang terdiri dari 4 kelas tersebut adalah XI IPS 1, XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4 dengan total jumlah 147 siswa. Adapun sampel dalam penelitian di ambil sebesar 50% dari keseluruhan populasi. Cara pengambilan sampling yaitu menggunakn teknik sampling Proportional Random Sampling. Sedangkan angket yang dipakai sebagai alat pengumpul data di penelitian ini jenis angket yang tertutup yaitu angket yang ditampilkan dalam bentuk pilihan berdasarkan skala yang sudah ditetapkan, responden diminta untuk menentuka satu pilihan jawaban yang sesuai dengan kenyataanya yang ada lalu memberi tanda centang (√). Penelitian ini menggunakan dua jenis uji coba instrumen yaitu pertama uji validitas lalu dilanjutkan uji reliabilitas. Untuk mempermudah melakuakn analisis data, digunakan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) 20.0. Selamjutnya dilakuakn tahapa analisis data dengan uji hipotesis yang mempunyai tujuan untuk membuktikan apakah hipotesis diterima atau ditolak. Pengujian Uji hipotesis di penelitian ini meliputi dari uji t yang dilakukan agar bisa mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhadap kesiapan berwirausaha siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN Regresi Linier Berganda Diadakan pengujian ini karena mempunyai tujuan mengetahui pengaruh antara pengetahuan kewirausahaan dan lingkungan keluarga terhdapat kesiapan berwirausaha. Adapun persamaan regresi dalam penelitian ini adalah: Tabel 1. Hasil Analisis Regresi Linier Berganda Coefficientsa Model Unstandardized Coefficients B Std. Error Standardized Coefficients Beta t Sig. 1 (Constant) Literasi Ekonomi Gaya Hidup -18.902 .420 .833 13.898 .197 .082 .157 .747 -1.360 2.134 10.152 .178 .036 .000 a. Dependent Variable: Perilaku Konsumtif (Y) Dari hasil uji regresi linier berganda pada tabel 1 coefficientsa dapat dilihat bahwa didapatkan suatu persamaan rumus regresi linear berganda Y = a + b1X1 + b2X2 ( berdasarkan teori dari Riduwan, 2010: 253) yaitu Y = -18,902 + 0,420X1 + 0,833X2 yang jelasnya adalah dijelaskan berikut ini: Pengaruh Literasi Ekonomi … (Puspitaningsih, Admoko) 1. (a) adalah suatu konstanta yang besarnya -18,902 menandakan bahwa jika variabel independent (literasi ekonomi dan gaya hidup) sebesar 0 (nol), maka nilai dari variabel dependent (kesiapan berwirausaha) mencapai sebesar -18,902. 2. (b1) adalah koefisien regresinya dari variabel X1 telah dicapai sebesar 0,420 menunjukan bahwa tiap adanya tambahan satu satuan variabel X1 dengan perkiraan variabel lain (X2) dianggap konstan maka hal inilah yang akan mempengaruhi peningkatan besarnya variabel Y adalah sebesar 0, 420 3. (b2) adalah koefisien regresinya dari X2 koefisien regresi sebesar 0,833 menunjukan bahwa dari tiap tambahan satu satuan variabel X2 dengan perkiraan variabel lain (X1) konstan maka hal inilah akan mempengaruhi peningkatan besarnya Y sebesar 0, 833. Selain perihal diatas, besarnya pengaruh kedua variabel bebas yaitu literasi ekonomi (X1) dan gaya hidup (X2) terhadap perilaku konsumtif siswa (Y) siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020 melalui uji regresi linier.. Pengujian Hipotesis a. Uji t Mengacu hasil perhitungan dengan memakai program SPSS versi 22.00 for windows, diperoleh hasil pengujian uji t dapat dibaca di tabel berikut: Tabel 2. Hasil uji t (parsial) Coefficientsa Model Unstandardized Coefficients B Std. Error Standardized Coefficients Beta t Sig. 1 (Constant) Literasi Ekonomi Gaya Hidup -18.902 .420 .833 13.898 .197 .082 .157 .747 -1.360 2.134 10.152 .178 .036 .000 Dependent Variable: Perilaku Konsumtif Berdasarkan tabel 2 dapat dijelaskan bahwa uji t dalam variabel literasi ekonomi (X1) terhadap perilaku konsumtif (Y) dengan mempunyai nilai sig. t < alpha yaitu sebesar 0, 036 <0,05 dan thitung > ttabel yaitu sebesar 2,134 >1, 99346. Namun jika signifikan t < alpha atau thitung > ttabel, maka akan memiliki nilai hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha ) telah diterima. Dengan kata lain dapat di simpulkan dalam penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara literasi ekonomi (X1) terhadap perilaku konsumtif (Y) siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020. Selanjutnya dapat di ketahui bahwa variabel gaya hidup (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y)memiliki nilai sig. t < alpha yaitu sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu sebesar 10,152 >1, 99346. Apabila sig. t < alpha atau thitung > ttabel, selanjutnya nilai hipotesis nol (H0) akan di tolak jadi hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulanya bahwa antara gaya hidup (X2) terhadap perilaku konsumtif (Y) siswa kelas XI (sebelas) IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020 terdapat adanya pengaruh yang signifikan . b. Uji f Berdasarkan hasil perhitungan dengan mamakai program SPSS versi 22.00 for windows, diperoleh hasil pengujian uji f dapat dibaca pada tabel berikut: Tabel 3. Hasil uji f (simultan) ANOVAa Model Sum of Squares df Mean Square F Sig. 1 Regression Residual Total 10009.692 4884.686 14894.378 2 71 73 5004.846 68.798 72.747 .000b a. Dependent Variable: Perilaku Konsumtif b. Predictors: (Constant), Gaya Hidup, Literasi Ekonomi Dari tabel 3 diatas menunjukkan bahwa Fhitung (72,747) >Ftabel (3, 97) dan tingkat taraf signifikansinya 0,000 < 0,05 selanjutnya disimpulkan hipotesis nol dinyatakan ditolak dan hipotesis alternatif dinyatakn diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 di penelitian ini dinyatakan di tolak dan Ha diterima yang memiliki arti telah ditemukanya pengaruh yang signifikan diantara variabel literasi ekonomi dan gaya hidup daripada siswa terhadap perilaku konsumtif siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020 secara simultan. Koefisien Determinasi Tabel 4. Hasil Koefisien Determinasi Model Summaryb Model R R Square Adjusted R Square Std. Error of the Estimate 1 .820a .672 .663 8.29448 c. Predictors: (Constant), Gaya Hidup, Literasi Ekonomi d. Dependent Variable: Perilaku Konsumtif Pada tabel 4 diatas, dapat diketahui koefesien korelasi terdapat di kolom R sebesar 0,820 dan nampak nilai determinasi pada kolom Adjuted R Square sejumlah 0,663 atau sebesar 66,3%. Data ini menunjukkan adanya nilai sebsar 66,3% perubahan pada variabel Y yang terpengaruhi oleh adanya perubahan dari variabel X1 dan variabel X2. Sedangkan sisanya sebesar 33,7% (100% - 66,3% = 33,7%) ada pengaruh faktor Pengaruh Literasi Ekonomi … (Puspitaningsih, Admoko) lain selain kedua variabel X1 dan variabel X2 yang mampu pengaruhi perilaku konsumtif. KESIMPULAN Secara parsial pada variabel literasi ekonomi (X1) menunjukkan nilai thitung > ttabel (2,134 > 1,99346) dengan nilai sig. < 0,05 (0,036 < 0,05) sehingga ditarik kesimpulan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif. Kemudian pada variabel gaya hidup (X2) thitung > ttabel (10,152 > 1,99346) dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05) dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara gaya hidup terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan berdasarkan nilai Fhitung > Ftabel (72,747 > 3,97) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dapat ditarik kesimpualn bahwa ada pengaruh antara Literasi Ekonomi siswa dan Gaya Hidup siswa Terhadap Perilaku Konsumtif siswa di kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Trenggalek tahun pelajaran 2019/2020. Hal tersebut juga menandakan bahwa koefisien determinasi (Adjust R Square) sebesar 0, 663 atau sebesar 66, 3%. Jadi kesimpulanya dalam penelitian ini 66, 3% perilaku konsumtif dipengaruhi oleh variabel literasi ekonomi (X1) dan variabel gaya hidup (X2). Untuk sisanya yang sebesar 33 ,7% dipengaruhi adanya variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. REFERENCE EQUILIBRIUM. Volume 7, No. 02. Hawkins. (2007). Consumtif Behavior. M. C. Graw Hill. Ninth Edition. Jurnal JIBEKA, Volume 7. No. 2. Kanserina, Dias. (2015). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UNDIKSHA 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Vol. 5. No. 1. Puspitaningsih, F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Pengalaman Prakerin. Sina, Peter Garlans. (2012). “Analisis Literasi Ekonomi” Jurnal Economia Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Volume 8, Nomor 2, 2012. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. S. (2013). Membuat Segmentasi Berdasarkan Life Style (Gaya Hidup). Wahyudi. (2013). “Tinjauan tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Samarinda Central Plaza”. eJournal Sosiologi, Volume 1, Nomor 4, 2013 26-36. Volume 5, Nomor 1, Februari 2021Volume 5, Nomor 1, Februari 2021Volume 5, Nomor 1, Februari 2021 Volume 5, Nomor 1, Februari 2021 30 31 32 33 34 35 36