This is a preview of the print version of your report. Please click "print" to continue or "done" to close this window.

done

or Cancel

 
Similarity Index
20%
Similarity by Source
Internet Sources:
31%
Publications:
15%
Student Papers:
9%

Begin Match to source 9 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/Education Journal : Journal Education Research and Development p-ISSN : 2548-9291 e-ISSN : 2548-9399 PENGARUHEnd Match PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN Begin Match to source 9 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/DANEnd Match MINAT BACA Begin Match to source 9 in source list: http://www.jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/download/109/119/TERHADAP PRESTASI BELAJAREnd MatchBegin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN Flora PuspitaningsihEnd Match 1) 1) Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170STKIP PGRI TrenggalekEnd MatchBegin Match to source 59 in source list: Rohmat Febrianto, Flora Puspitaningsih. [email protected] ABSTRAK: Salah satuEnd Match komponen dalam lingkungan sekolah adalah adanya perpustakaan sebagai tempat yang dijadikan sebagai sumber belajar. Untuk itu pemanfaatan perpustakan yang dilakukan secara optimal dengan ditambahi adanya minta baca siswa yang sangat antusiame tinggi maka akan mampu menumbuhkan keberhasilan atau prestasi dalam belajar. Dalam penelitian yang mengambil jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan siswa kelas X (sepuluh) sebanyak 110 siswa. Adapun sampel yang dipakai sebanyak 110 siswa sehingga karena jumlah populasi dan sampel sama disebut dengan cara teknik sampel jenuh. Variabel yang akan diuji dalam penelitian adalah Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pemanfaatan perpustakaan (X1), minat baca (X2), dan prestasi belajar (Y).End Match Adapun cara mengumpulkan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170data denganEnd Match menggunakan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170angketEnd Match diberlakukan pada variabel Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pemanfaatan perpustakaan danEnd Match pada Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170minat bacaEnd Match siswa, sedangkan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170dokumentasiEnd Match dipakai Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170untuk memperoleh data prestasi belajar. Hasil dataEnd Match dari Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170analisis dataEnd Match di Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelasEnd Match sepuluh di kelas Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170keahlian Administrasi Perkantoran semester gasal SMK Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2017/2018. KeseluruhanEnd Match terdapat Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan sebesar 14,8%, sedangkan sisanya sebesar 85,2%End Match telah Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170dipengaruhi olehEnd Match elemen-elemen Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170lain diluar variabelEnd Match dari Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170penelitianEnd Match yang telah dilakukan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170ini.End MatchBegin Match to source 34 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/20317/3/4. NIM 7123141073 ABSTRACT.pdfKata kunci : Pemanfaatan Perpustakaan, Minat Baca, Prestasi Belajar ABSTRACT:End Match Optimal use of the library and good and regular reading interest will foster children's learning achievement so that the desired achievement Begin Match to source 48 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5094/will beEnd Match obtained. Begin Match to source 48 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5094/This research is quantitative research. TheEnd MatchBegin Match to source 18 in source list: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7029population in this study were students of ClassEnd Match X Office Administration, Begin Match to source 18 in source list: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snpe/article/view/7029amounting to 110 students. TheEnd Match research sample was 110 students by means of a saturated sample technique. The research variables are library utilization (X1), reading interest (X2), and learning achievement (Y). Data collection techniques with questionnaires (questionnaire) were used to obtain data on library building utilization and reading and documentation interests used to obtain learning achievement data. The results from the data analysis in this learning indicate Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlthere is a positive and significant effect ofEnd Match library utilization Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlandEnd Match reading interest Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlonEnd Match learning achievement Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlinEnd MatchBegin Match to source 35 in source list: http://eprints.uny.ac.id/56063/1/39.Skripsi_ANDI NAWI_12402241043.pdfcraft and entrepreneurship subjectsEnd Match of class X Begin Match to source 35 in source list: http://eprints.uny.ac.id/56063/1/39.Skripsi_ANDI NAWI_12402241043.pdfstudents ofEnd Match odd semester Begin Match to source 35 in source list: http://eprints.uny.ac.id/56063/1/39.Skripsi_ANDI NAWI_12402241043.pdfOffice Administration expertiseEnd Match SMK Negeri 1 Pogalan 2017/2018 academic year. Overall Begin Match to source 32 in source list: Novita Sari, Wakijo Wakijo. the effect of library utilization and reading interest on learningEnd Match achievement in craft subjects and Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya on 2019-02-11entrepreneurship isEnd Match 14 Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya on 2019-02-11.8%, while theEnd Match remaining 85 Begin Match to source 11 in source list: Submitted to Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya on 2019-02-11.2% is influenced by other factors outside the variables in this study. Keywords:End MatchBegin Match to source 54 in source list: http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2113/Library Utilization, Reading Interest, Learning AchievementEnd Match PENDAHULUAN Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/dy4rd49z-pengaruh-fasilitas-disiplin-dan-motivasi-belajar-terhadap-kecepatan-mengetik-manual-pada-siswa-kelas-x-program-keahlian-administrasi-perkantoran-smk-negeri-2-pekalongan-tahun-pelajaran.htmlSekolah Menengah Kejuruan (SMK)End Match suatu Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/dy4rd49z-pengaruh-fasilitas-disiplin-dan-motivasi-belajar-terhadap-kecepatan-mengetik-manual-pada-siswa-kelas-x-program-keahlian-administrasi-perkantoran-smk-negeri-2-pekalongan-tahun-pelajaran.htmlsatuan pendidikanEnd Match jenjang Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/dy4rd49z-pengaruh-fasilitas-disiplin-dan-motivasi-belajar-terhadap-kecepatan-mengetik-manual-pada-siswa-kelas-x-program-keahlian-administrasi-perkantoran-smk-negeri-2-pekalongan-tahun-pelajaran.htmlmenengah yangEnd Match meliputi berbagai jurusan keahlian. Satu diantaranya Begin Match to source 7 in source list: https://text-id.123dok.com/document/dy4rd49z-pengaruh-fasilitas-disiplin-dan-motivasi-belajar-terhadap-kecepatan-mengetik-manual-pada-siswa-kelas-x-program-keahlian-administrasi-perkantoran-smk-negeri-2-pekalongan-tahun-pelajaran.htmlprogram keahlian yang ada di SMK adalah program keahlian administrasi perkantoran. Dalam programEnd Match keahlian administrasi perkantoran ada mata pelajaran wajib yaitu Begin Match to source 21 in source list: https://es.scribd.com/document/397836441/hubungan-prestasi-mata-pelajaran-kewirausahaan-dan-prestasi-praktik-kerja-industri-dengan-minat-berwirausahamata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Mata pelajaran prakarya dan kewirausahaanEnd Match menuntut Begin Match to source 21 in source list: https://es.scribd.com/document/397836441/hubungan-prestasi-mata-pelajaran-kewirausahaan-dan-prestasi-praktik-kerja-industri-dengan-minat-berwirausahasiswaEnd Match untuk menyiapkan lulusan Begin Match to source 21 in source list: https://es.scribd.com/document/397836441/hubungan-prestasi-mata-pelajaran-kewirausahaan-dan-prestasi-praktik-kerja-industri-dengan-minat-berwirausahayangEnd Match siap kerja dan siap terjun di masyarakat. Bagaimana kita mampu mengukur daya paham siswa terhadap Begin Match to source 16 in source list: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/13574mata pelajaran prakarya dan kewirausahaanEnd Match dalam sekolah yaitu Begin Match to source 16 in source list: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/13574denganEnd Match memantau Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/51159/1/SKRIPSI.pdfPrestasi BelajarEnd Match pada Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/51159/1/SKRIPSI.pdfmata pelajaran prakarya dan kewirausahaanEnd Match ini. Sudjana Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/51159/1/SKRIPSI.pdf(dalamEnd Match Kurnia, 2016) telah menuliskan ungkapan bahwa “ Prestasi merupakan capaian yang diraih siswa dari hasil belajar yang mampu menuntuskan kriteria-kriteria tertentu”. Upaya mencapai karya atau prestasi dalam belajarnya pada pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang pada titik terbaik, maka perlu disisiri berbagai hal yang mempengaruhinya. Menurut (Slameto, 2010) terdapat dua hal yang mempengaruhi jiwa seorang peserta didik Begin Match to source 33 in source list: Anjar Mukti Wibowo, Shoffikha Cahyanul Janah. yaitu faktor yangEnd Match berkaitan Begin Match to source 33 in source list: Anjar Mukti Wibowo, Shoffikha Cahyanul Janah. dari luar (eksternal) danEnd Match faktor Begin Match to source 33 in source list: Anjar Mukti Wibowo, Shoffikha Cahyanul Janah. yang dari dalamEnd Match siswa twesebut (Intern). Yang masuk dalam faktor internal adalah: fisiologis (kemampaun fisik siswa dan panca indera siswa itu sendiri), sedangkan faktor psikologis berupa sikap,bakat, motivasi dan daya serap secara kognitif). Untuk hal-hal yang dipengruhi dari luar ada lingkungan alam serta lingkungan sosial ada juga faktor instrumental yang terdiri dari (kurikulumnya / berbagai bahan pelajaran, sosok gurunya, media sebagai penunjang belajar seperti perpustakaan sekolah, dan administrasi/manajemen). Mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan mempunyai tujuan untuk mewujudkan manusia secara lengkap dan utuh (holistik), sebagai mahkluk Tuhan yang yang memiliki karakter, daya paham dan kemampuan terampil menjadi wirausaha, menambah jumlah para wirausaha yang kualitas tangguh, mencetak wirausaha yang mampu dan mantap untuk memperoleh rasa aman, nyaman dan sejahtera, membudayakan semangat bersikap, berperilaku, dan kemampuan untuk melakukan kegitan wirausaha di kategori pelajar dan seluruh masyarakat secara handal dan unggul. Oleh karena itu dalam belajar prakarya dan kewirausahaan membutuhkan sifat tekun dalam belajar dan berlatih dalam menerapkan komitmen bagi dirinya dan atau bagi orang lain. Dalam belajar prakarya dan kewirausahaan, perlu adanya pemanfaatan perpustakaan dan minat baca. Penelitian ini peneliti mengkaji lebih lanjut tentang satu elemen yaitu faktor eksternal yang mempunyai kaitan dengan prestasi belajar adalah pemanfaatan perpustakaan. Menurut Sudarnoto (dalam Masturi, 2011) menyatakan bahwa “siswa dikatakan layak mendapatkan prestasi akedemiknya jika mampu memanfaatkan sarana yang tepat seperti perpustakaan, karena perpustkaan sebagai sumber primer yang mampu memberikan informasi tentang pengetahuan di sekolah”. Menurut Nurhadi (dalam Eka Hardiningsih dan Nurdin Hidayat, 2012) bahwa “suatu pembelajaran dikatakan berhasil dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah perpustakan sebagai media untuk menari sumber informasi. Arti dari perpustakaan itu merupakan sarana atau unit kerja yang masuk dalam pengelolaan secara integral dari suatu lembaga pendidikan, dalam perpustakaan terdapat bebrgai sumber informasi berupa penyimpanan koleksi dan bahan pustaka yang melaui proses pengelolaan secara sistematis guna menunjang program belajar mengajar di sekolah”. Minat membaca adalah salah satu faktor dari internal yang ada kaitan/hubungan dengan capaian prestasi belajar dari siswa tersebut. Siswa merupakan satu hal yang penting dari berbagai komponen dalam lembaga pendidikan yang lagi menuntut ilmu, oleh sebab itu giat membaca sudah semestinya menjadi hal pokok siswa. Ketika siswa membaca maka akan menjadi sumber pengetahuan, sumber inspirasi selain itu juga sumber untuk mengasah daya tangkap nalar secara kritis serta keaktifan siswa. Menurut Djamarah (dalam Yuni, 2016) “ seorang yang memiliki prestasi atau kebrhasilan dalam belajar berawal dari minat siswa tersebut untuk mau membaca”. Dapat disampaikan bahwa proses dalam belajar itu untuk suatu capaian yang baik, maka harus ada keminatan membaca sebagai suatu dorongan pada siswa agar suka belajar. Sedangkan menurut Slameto (2010), bahwa “ keberhasilan ataupun prestasi dalam belajar itu dicapai dari kebiasaan membaca”. Jika dalam membaca itu ada minat tinggi maka siswa mampu memainkan peranan penting menuju kesuksesan. Yang dianggap faktor utama bukan pada kecerdasan siswa, namun jika tingkat IQ yang tinggi dan ada dorongan atau dukungan kebiasaan yang bagus yang termotivasi dari minat yang tinggi maka sukses akan diraih siswa dalam belajarnya. Namun, kenyataannya banyak siswa yang tidak memiliki ketertarikan untuk baca buku karena dirasakan dengan membaca itu terjadi rasa bosan dan siswa akan membaca buku bila di suruh oleh guru atau pada waktu saat ujian, sehingga pemahaman siswa terhadap materi menjadi kurang. Padahal siswa jika punya minat atau keinginan membaca yang tinggi, maka akan mendapatkan pemahaman, pengetahuan, dan prestasi belajar siswa pun akan meningkat. Mengacu observasi yang dijalani di SMK Negeri 1 Pogalan fasilitas yang tersedia di sekolah cukup memadai kelengkapannya guna mendukung proses dalam kegiatan belajar mengajar yang nantinya mampu mewujudkan siswa berprestasi. Salah satu fasilitas yang tersedia adalah perpustakaan sekolah. Misi SMK Negeri 1 Pogalan yaitu (1) Keefektivan dalam kegiatan belajar mengajar (2) Kegiatan ekstra kurikuler dapat selalu dilakukan secara menerus (3) Terdapatnya rutunitas pembinaan agama dan budi pekerti luhur (4) Melakukan praktek dalam berwirausaha secara berkelanjutan (5) Melakukan kegiatan praktek Kerja di sebuah Begin Match to source 31 in source list: http://smkn1pogalan.sch.id/?page_id=23Industri ( PRAKERIN ) pada Dunia Usaha/ Dunia Industri ( DU/DI ) terpilih.End Match Dengan fasilitas yang tersedia seperti perpustakaan maka memudahkan Begin Match to source 58 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5421/2/EDI RIYANTO_MANAJEMEN EDUPRENEURSHIP.pdfguru danEnd Match siswa Begin Match to source 58 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5421/2/EDI RIYANTO_MANAJEMEN EDUPRENEURSHIP.pdfdalam proses belajarEnd Match serta menunjang Begin Match to source 58 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5421/2/EDI RIYANTO_MANAJEMEN EDUPRENEURSHIP.pdfguruEnd Match dalam menaikan level prestasi belajar siswanya. METODE PENELITIAN Untuk mencari tujuan Begin Match to source 29 in source list: https://es.scribd.com/doc/181355682/pengaruh-emosional-terhadap-kemandirian-belajar-siswa-pdfdalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaituEnd Match termasuk dalam Begin Match to source 29 in source list: https://es.scribd.com/doc/181355682/pengaruh-emosional-terhadap-kemandirian-belajar-siswa-pdfpenelitianEnd Match kuantitatif korelasional. Seperti Begin Match to source 29 in source list: https://es.scribd.com/doc/181355682/pengaruh-emosional-terhadap-kemandirian-belajar-siswa-pdfyangEnd Match dikatakan oleh Sugiyono (2012), Begin Match to source 12 in source list: Submitted to iGroup on 2013-06-18“penelitian kuantitatif yaitu penelitian yangEnd Match berpedoman Begin Match to source 12 in source list: Submitted to iGroup on 2013-06-18pada filsafat positivisme,End Match yang akan dipakai Begin Match to source 12 in source list: Submitted to iGroup on 2013-06-18untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, dataEnd Match dikumpulkan dengancara memkai Begin Match to source 12 in source list: Submitted to iGroup on 2013-06-18instrumen,End Match untuk menguji hipotesis memakai analisis data yang bersifat kuantitatif”. Total populasi di penelitian ini yaitu 110 siswa yang terkelompokan dari 37 siswa kelas sepuluh APK 1, 37 siswa kelas X APK 2, dan 36 siswa pada kelas sepuluh APK 3 pada Begin Match to source 38 in source list: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/downloadSuppFile/2577/184SMK Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2017/2018.End Match Sampel Begin Match to source 38 in source list: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/downloadSuppFile/2577/184yangEnd Match diambil sebagai responden penelitian yaitu 110 siswa, dengan metode pengambilan sampel secara jenuh. Angket (kuisioner) merupakan cara pengumpulan data di penelitian ini untuk mengumpulkan data variabel Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pemanfaatan perpustakaan dan minat bacaEnd Match siswa sedangkan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170dokumentasiEnd Match dipakai Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170untukEnd Match mengumpulkan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170data prestasi belajarEnd Match siswa. Pengukuran variabel bebas dengan angket memakai Begin Match to source 6 in source list: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/207skala LikertEnd Match dan Begin Match to source 6 in source list: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/207skala penilaian (skor) 1 sampai dengan 4, dengan jawabanEnd Match bervariasi Begin Match to source 6 in source list: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/207untuk masing-masing item pertanyaanEnd Match adalah “sangat setuju Begin Match to source 6 in source list: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/207(SS)”, “setuju (S)”,End Match “kurang Begin Match to source 6 in source list: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/207setujuEnd Match (KS), dan Begin Match to source 6 in source list: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/JESI/article/view/207“tidak setujuEnd Match (TS)”. Sebelum responden mengisi angket, yang dilakukan terlebih dahulu adalah menguji validitasnya dan reliabilitasnya dari angket tersebut untuk mendapatkan kejelasan dari kelayakan angket. Untuk hipotesisnya diuji Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmldengan uji t dan uji F,End Match kemudian Begin Match to source 40 in source list: http://digilib.uinsby.ac.id/38468/1/Mislahul Fauziyah_C87215024.pdfteknik analisisEnd Match selanjutnya Begin Match to source 40 in source list: http://digilib.uinsby.ac.id/38468/1/Mislahul Fauziyah_C87215024.pdfmenggunakan analisis regresi berganda,End Match menggunakan Begin Match to source 40 in source list: http://digilib.uinsby.ac.id/38468/1/Mislahul Fauziyah_C87215024.pdfbantuan program SPSS.End Match Setelah itu dilakuakn Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmluji asumsi klasik yang meliputiEnd Match klasik yaitu Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmluji normalitas, ujiEnd Match liniearitas, Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlujiEnd Match multikolinieritas, Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmldan ujiEnd Match heterokedastisitas pada taraf signifikansi 5% sebagai suatu syarat untuk dilakukan analisis data. Supaya nanti kesimpulan yang didapatakan tidak menyimpang dari yang seharusnya. Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlHASIL DAN PEMBAHASAN Hasil HasilEnd Match uji normalitas di Begin Match to source 5 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlpenelitianEnd Match ini mengacu pada diagram Normal P-P plot dengan kesimpulan bahwa variabel pemanfaatan perpustakaan dan minat baca dikatakan normal dan layak dipakai karena menyebarnya titik- titik secara merapat di sekitar garis diagonal. Hasil uji liniearitas berdasarkan tabel ANOVA dapat kesimpualannya bahwa data variabel bebas dalam penelitian ini memenuhi syarat liniearitas dan lolos uji karena semua Begin Match to source 17 in source list: http://repository.unj.ac.id/3223/nilai sig linearity kurang (<) dari 0,05 danEnd Match nilai Begin Match to source 17 in source list: http://repository.unj.ac.id/3223/sigEnd Match devation of Begin Match to source 17 in source list: http://repository.unj.ac.id/3223/linearity lebih dari 0,05,End Match maka semua variabel memiliki hubungan baik variabel bebasnya maupun variabel terikatnya. Tidak terdapat problem multikolinieritas dalam model regresi dalam penelitian ini. Hal ini berdasarkan bahwa dilihat besarnya VIF (1,024; 1,024) terdapat di bawah angka 10 dan tolerance (0,976; 0,976) di atas angka 0,1, sehingga mampu diungakapkan bahwa model regresi tidak terdapat problem multikolinieritas. Hasil uji heterokedastisitas yang ada di penelitian ini dapat ditunjukan pada grafik scatter plot jika terlihat adanya penyebaran secara acak dari titik-titik yang ada dan tidak terbentuk Begin Match to source 13 in source list: Submitted to Universitas Diponegoro on 2016-03-30sebuah pola tertentu sertaEnd Match adanya Begin Match to source 13 in source list: Submitted to Universitas Diponegoro on 2016-03-30titik-titik yangEnd Match tersebar Begin Match to source 13 in source list: Submitted to Universitas Diponegoro on 2016-03-30di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y.End Match Jadi, di penelitian heterokedastisitasnya ini tidak terjadi. Untuk uji signifikansi regresi ini, memakai Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmluji t yangEnd Match dipakai Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmluntuk mengetahui apakah X1 secaraEnd Match signifikan berpengaruh Y. Begin Match to source 51 in source list: http://repository.upi.edu/26428/6/S_BIO_1204810_Chapter 3.pdfDengan menggunakan SPSS versi 20.00 for windowsEnd Match diperoleh perhitungan didapat dari tabel Coefficients Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-05-21menunjukkan bahwa nilai thitungEnd Match (2,080) >Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-05-21ttabel (1,End Match 988) Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-05-21danEnd Match tingkat Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-05-21signifikansi sebesar 0,End Match 041 <Begin Match to source 22 in source list: Submitted to Universitas Jenderal Soedirman on 2018-05-210,05End Match maka Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15Ho ditolak dan Ha diterima. SehinggaEnd Match dari uji Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15hipotesisEnd Match ini menunjukan Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15terdapatEnd Match adanya Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15pengaruh yangEnd Match signifikan Begin Match to source 25 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2019-08-15antaraEnd Match variabel (X1) pemanfaatan perpustakaan terhadap Variabel (X2) Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswa kelas X paket keahlian Administrasi Perkantoran semester gasal SMK Negeri 1 Pogalan Tahun Pelajaran 2017/2018.End Match Dalam uji signifikansi regresinya memakai uji t yang akan mampu mengetahui apakah X2 mempunyai pengaruh signifikan terhadap Y. Sedangkan hasil hitungan dengan memakai Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlprogram SPSS versiEnd Match 20.00 Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlfor windowsEnd Match didapat Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmldari tabel CoefficientsEnd Match menunjukkan Begin Match to source 53 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/897/bahwa nilai thitungEnd Match (3,139) >Begin Match to source 53 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/897/ttabel (1,End Match 988) Begin Match to source 53 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/897/danEnd Match terjadi tingkat Begin Match to source 53 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/897/signifikansiEnd MatchBegin Match to source 28 in source list: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/download/4736/4190sebesar 0,End Match 002 <Begin Match to source 28 in source list: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/download/4736/41900,05End Match jadi Begin Match to source 28 in source list: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/download/4736/4190Ho ditolak dan Ha diterima.End Match Dalam proses Begin Match to source 28 in source list: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/manivestasi/article/download/4736/4190ujiEnd Match hipotesa ini antara kemampuan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170minat bacaEnd Match siswa Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170terhadap prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswaEnd Match di Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170kelasEnd Match sepuluh jurusan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170keahlian Administrasi Perkantoran semester gasal SMK Negeri 1 Pogalan Tahun Pelajaran 2017/2018End Match menunjukan adanya Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pengaruhEnd Match yang signifikan. Untuk mengolah uji signifikansi regresi ini, dengan memakai uji F yang mampu digunakan untuk mencari apakah X1 dan X2 ssecara signifikan saling berpengaruh terhadap Y. Perhitungannya Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlmenggunakan program SPSS versiEnd Match 20.00 Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmlfor windowsEnd Match didapat Begin Match to source 2 in source list: https://moam.info/pengaruh-jiwa-kewirausahaan-dan-budaya-keluarga-terhadap-minat-_59c0f05c1723dde1101f1ba0.htmldari tabelEnd Match ANOVAa Fhitung yaitu sebesar (8,354) > Ftabel (3,100) Begin Match to source 19 in source list: https://library.gunadarma.ac.id/repository/pengaruh-terpaan-video-pasien-sembuh-corona-berbagi-cerita-oleh-akun-instagram-bbcindonesia-terhadap-sikap-followers-dalam-pencegahan-covid-19-ssmdan taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.End Match Setelah melalui proses uji F ini maka antara variabel Begin Match to source 45 in source list: https://123dok.com/document/myjre92z-pengaruh-pemanfaatan-perpustakaan-sekolah-minat-belajar-terpadu-negeri.htmlpemanfaatan perpustakaan dan minat baca siswaEnd Match memiliki Begin Match to source 45 in source list: https://123dok.com/document/myjre92z-pengaruh-pemanfaatan-perpustakaan-sekolah-minat-belajar-terpadu-negeri.htmlpengaruhEnd Match yang positif Begin Match to source 45 in source list: https://123dok.com/document/myjre92z-pengaruh-pemanfaatan-perpustakaan-sekolah-minat-belajar-terpadu-negeri.htmldanEnd Match signifikn terhadap variaebl Y atau variabel Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170prestasi belajar mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan siswaEnd Match di Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170kelasEnd Match sepuluh jurusan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170keahlian Administrasi Perkantoran semesterEnd Match Untuk perhitungan koefisien determinasinya pada variabel bebas Begin Match to source 47 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/10195/(Adjusted R Square)End Match adalah Begin Match to source 47 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/10195/0,End Match 148 Begin Match to source 47 in source list: http://repository.uin-suska.ac.id/10195/atau ini menunjukan bahwaEnd Match 14,8% kontribuasi efektif dari kedua Begin Match to source 52 in source list: Submitted to Universitas Negeri Jakarta on 2017-07-13variabel bebas yaitu pemanfaatan perpustakaan dan minat bacaEnd MatchBegin Match to source 20 in source list: http://docplayer.info/50090053-Skripsi-diajukan-untuk-memenuhi-sebagian-persyaratan-guna-mencapai-derajat-sarjana-s-1-pendidikan-akuntansi-oleh-marina-dwi-ariani-a.htmlterhadap prestasi belajarEnd Match dan Begin Match to source 20 in source list: http://docplayer.info/50090053-Skripsi-diajukan-untuk-memenuhi-sebagian-persyaratan-guna-mencapai-derajat-sarjana-s-1-pendidikan-akuntansi-oleh-marina-dwi-ariani-a.htmlsisanya sebesarEnd Match 85,2% Begin Match to source 20 in source list: http://docplayer.info/50090053-Skripsi-diajukan-untuk-memenuhi-sebagian-persyaratan-guna-mencapai-derajat-sarjana-s-1-pendidikan-akuntansi-oleh-marina-dwi-ariani-a.htmldipengaruhi oleh variabel yangEnd Match ada Begin Match to source 20 in source list: http://docplayer.info/50090053-Skripsi-diajukan-untuk-memenuhi-sebagian-persyaratan-guna-mencapai-derajat-sarjana-s-1-pendidikan-akuntansi-oleh-marina-dwi-ariani-a.htmldalam penelitian ini.End Match Pembahasan 1. Interpretasi Hasil Penelitian a. Pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar Dari melakuakan analisis data memakai SPSS 20.00 diperoleh hasil nampak adanya Begin Match to source 39 in source list: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/11987pengaruh yang signifikan antara variabel (X1)End Match pemanfaatan perpustakaan Begin Match to source 39 in source list: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/11987terhadap variabel YEnd MatchBegin Match to source 16 in source list: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JSS/article/view/13574prestasi belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaanEnd Match (Y) yaitu Begin Match to source 43 in source list: http://etheses.uin-malang.ac.id/11371/1/13510077.pdfNilai t Hitung sebesar (2,080) > t Tabel (1,End Match 988) serta tingkat signifikansi 0,041 < 0,05. Begin Match to source 37 in source list: https://www.scribd.com/document/387646635/Skripsi-Tanpa-Bab-PembahasanHal ini menunjukanEnd Match arti Begin Match to source 37 in source list: https://www.scribd.com/document/387646635/Skripsi-Tanpa-Bab-Pembahasanbahwa,End Match jika Begin Match to source 37 in source list: https://www.scribd.com/document/387646635/Skripsi-Tanpa-Bab-Pembahasansemakin tinggi siswaEnd Match memanfaatkan perpustakaan Begin Match to source 37 in source list: https://www.scribd.com/document/387646635/Skripsi-Tanpa-Bab-Pembahasanmaka semakinEnd Match rendah prestasi belajarnya. Akan tetapi sebaliknya jika semakin rendah siswa memanfaatkan sarana perpustakaan maka semakin tinggi prestasi belajarnya. Jadi dapat di simpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan secara parsial mempunyai pengaruh terhadap variabel prestasi Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfbelajar siswa.End Match b. Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfPengaruhEnd Match dari Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfminat bacaEnd Match siswa Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfterhadapEnd Match prestasi Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfbelajar siswa.End Match Setelah menganalisis analisa data dengan SPSS for Windows version 20.00 diperoleh hasil ternyata memiliki Begin Match to source 27 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/14924/pengaruh positif dan signifikan antara minat bacaEnd Match (X2) Begin Match to source 27 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/14924/terhadap prestasi belajarEnd Match siswa (Y) yaitu Nilai t Hitung (3,139) > tTabel (1,988) serta taraf signifikansi 0,002 < 0,05. Artinya dalam penghitungan ini andai minat atau keinginan baca siswa terus meningkat atau tinggi maka semakin tinggi pula prestasi belajarnya. Sebaliknya jika siswa itu minat bacanya rendah maka tidak mampu memiliki prestasi belajar yang tinggi. Jadi dapat di simpulkan bahwa minat baca pada siswa itu memiliki Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/51159/1/SKRIPSI.pdfpengaruh positif dan signifikanEnd Match secara parsial terhadap Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/51159/1/SKRIPSI.pdfprestasi belajar pelajaran Prakarya dan KewirausahaanEnd Match di kelas sepuluh Begin Match to source 8 in source list: http://eprints.uny.ac.id/51159/1/SKRIPSI.pdfpada kelasEnd Match Keahlian Administrasi Perkantoran. c. Begin Match to source 26 in source list: http://library.um.ac.id/free-contents/savedocpub.php/prestasi.docPengaruh pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar siswa.End Match Dengan memakai program SPSS for Windows version 20.00 diperoleh hasil analisis data yaitu Begin Match to source 3 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/14773/antara variabel pemanfaatan perpustakaan (X1) dan minat baca (X2) terhadap prestasi belajar (Y)End Match ada pengaruh positif dan signifikan, yaitu Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfnilai fhitung 8,End Match 354 >Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfftabel 3,End Match 100 Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdfdenganEnd Match taraf signifikasi Begin Match to source 15 in source list: http://repository.fe.unj.ac.id/912/8/Bibiliography.pdf0,000End Match< 0,05. Maksud dari penghitungan ini adalah penggunaan atau pemanfaatan perpustakaan di sekolah itu tinggi atau banyak penggunanya dan minat baca siswa juga sangat responsif atau tinggi maka tinggi pula prestasi belajar siswa. Sebaliknya ketika pemanfaatan dari perpustakaan sekolah ini rendah dan minat baca siswanya juga menurun atau rendah maka semakin rendah prestasi belajar siswa. Jadi intinya atau simpulanya Begin Match to source 49 in source list: http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=1358535&title=DAMPAK+DARI+KEKUATAN+DAN+POPULARITAS+SELEBGRAM+TERHADAP+MINAT+BELI+PADA+PRODUK+MODE+LOKAL+DI+INSTAGRAM&val=984bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif secaraEnd Match simultan dari Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pemanfaatan perpustakaan dan minat bacaEnd Match siswa Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Siswa KelasEnd Match sepuluh jurusan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170Keahlian Administrasi Perkantoran Semester Gasal SMK Negeri 1 Pogalan.End MatchBegin Match to source 44 in source list: http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/issue/download/32/282. Perbandingan Hasil Penelitian yang Dilaksanakan dengan TeoriEnd Match Hasil Begin Match to source 44 in source list: http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/inspirasi/issue/download/32/28yangEnd Match didapat dari penelitian ini dapat ditunjukan Begin Match to source 14 in source list: https://text-id.123dok.com/document/8yddg56y-pengaruh-pemanfaatan-perpustakaan-sekolah-dan-minat-baca-siswa-terhadap-prestasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-sma-negeri-2-sidikalang-tahun-ajaran-2015-2016.htmlada pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan dan minat baca terhadap prestasi belajar pada mata pelajaranEnd Match prakarya dan kewirausahaan Begin Match to source 14 in source list: https://text-id.123dok.com/document/8yddg56y-pengaruh-pemanfaatan-perpustakaan-sekolah-dan-minat-baca-siswa-terhadap-prestasi-belajar-siswa-pada-mata-pelajaran-ekonomi-kelas-xi-ips-sma-negeri-2-sidikalang-tahun-ajaran-2015-2016.htmlsiswa kelasEnd Match sepuluh SMKN 1 Pogalan tahun pelajaran 2017/2018. Analisis data yang dihasilkan menggunakan SPSS 20.00 dan akhirnya Begin Match to source 42 in source list: http://repositori.umsu.ac.id/handle/123456789/5919diperoleh persamaan regresi Y = 65,End Match 261 Begin Match to source 42 in source list: http://repositori.umsu.ac.id/handle/123456789/5919+(0,End Match 105) Begin Match to source 42 in source list: http://repositori.umsu.ac.id/handle/123456789/5919X1 + 0,End Match 159 Begin Match to source 42 in source list: http://repositori.umsu.ac.id/handle/123456789/5919X2End Match Menurut Muhibbin (2012:145), faktor intern Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/dari dalamEnd Match jiwa Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/diri siswaEnd Match tersebut, Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/faktorEnd Match ekstrenal Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/yang berasal dariEnd Match hal di Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/luar diri siswa dan faktorEnd Match melalui Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/pendekatan belajar (approach to learning),End Match merupakan tiga Begin Match to source 10 in source list: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/503/faktorEnd MatchBegin Match to source 56 in source list: http://repository.usd.ac.id/24245/2/081134081_Full[1].pdfyang mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut.End Match Sehingga pemanfaatan perpustakaan dan minat baca Begin Match to source 57 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-matematika-2015.htmlakan berpengaruh padaEnd Match peningkatan Begin Match to source 57 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-matematika-2015.htmlprestasiEnd Match pada Begin Match to source 57 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-matematika-2015.htmlbelajar siswa.End Match Semakin baik siswa dalam memanfatkan perpustakaan dan minat baca, semakin tinggi pula prestasi pada belajar siswa tersebut. Sehingga dapat disimpulkan, semakin baik siswa memiliki minat baca dan juga mau memanfaatkan perpustakaan Begin Match to source 30 in source list: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpg/article/view/3096maka semakin tinggi prestasi belajar siswa pada mata pelajaranEnd Match Prakarya dan Kewirausahaan. Begin Match to source 30 in source list: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jpg/article/view/3096KESIMPULANEnd MatchBegin Match to source 50 in source list: http://repository.unpas.ac.id/47821/1/Jurnal Bestadrian Prawiro Theng 149010049_copy.docxDAN SARAN Kesimpulan Merujuk pada hasil analisis danEnd Match uji hipotesis peneliti mampu menarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Dari rumusan masalah dalam penelitian dan setelah melalui proses uji didapatkan Begin Match to source 41 in source list: https://docobook.com/fenomena-lingkungan-kerja-dan-persepsi-mahasiswa-terhadap.htmlbahwa secara parsialEnd Match secara parsial Begin Match to source 41 in source list: https://docobook.com/fenomena-lingkungan-kerja-dan-persepsi-mahasiswa-terhadap.htmlada pengaruh yang signifikan antara variabelEnd Match pemanfaatan perpustakaan (X1) Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170terhadap prestasi belajarEnd Match (Y) Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pelajaran Prakarya dan KewirausahaanEnd Match di Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170siswa kelasEnd Match sepuluh jurusan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170Keahlian Administrasi Perkantoran Semester GasalEnd Match SMKN Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/1701 Pogalan tahun pelajaran 2017/2018.End Match 2. Berdasarkan hasil uji dalam penelitian ini kesimpulanya secara parsial Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170ada pengaruh yang positif danEnd Match juga Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170signifikanEnd Match antara Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170minat baca terhadap prestasi belajar.End Match 3. Teradapat pengaruh yang Begin Match to source 3 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/14773/signifikan secara simultan antara pemanfaatan perpustakaan (X1)End Match serta Begin Match to source 3 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/14773/minat bacaEnd Match siswa Begin Match to source 3 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/14773/(X2) terhadapEnd Match variabel Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170prestasi belajarEnd Match (Y) Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170pelajaran Prakarya dan KewirausahaanEnd Match di Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170siswa kelasEnd Match sepuluh jurusan Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/170Keahlian Administrasi Perkantoran Semester GasalEnd Match SMKN SMKN Begin Match to source 1 in source list: https://jurnal.ikipjember.ac.id/index.php/ej/article/view/1701 Pogalan tahunEnd Match pelajaran2017/2018. Jadi dapat di disimpulakn bahwa pada penelitian ini 14,8% prestasi belajar siswa telah dipengaruhi oleh bagaiaman siswa memanfaatkan perpustakaan dan minat baca. Untuk pengaruh lain ada pada variabel lain dengan sisanya 85,2% d Begin Match to source 23 in source list: https://repository.unri.ac.id/bitstream/handle/123456789/1732/JURNAL WAN NURHAMIDAH.pdf?isAllowed=y&sequence=1yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Saran Dari hasil penelitian yangEnd Match dilakukan oleh peneliti di Begin Match to source 36 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/4879SMK Negeri 1 Pogalan tahunEnd Match pelajaran Begin Match to source 36 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/48792017/2018End Match maka peneliti memperoleh Begin Match to source 36 in source list: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/4879hasil yangEnd Match signifikan, namun masih ada beberapa hal penting yang mampu membuat penelitian serupa menjadi lebih baik lagi, maka ada beberapa masukan untuk lebih memberikan pengambangan penelitian selanjutnaya: 1. Dari Begin Match to source 46 in source list: https://mafiadoc.com/indeks-abstrak-tugas-akhir-akuntansi_598d79b31723ddd069fb1843.htmlhasil penelitian ini membuktikan bahwaEnd Match terbukti adanya pengaruh Begin Match to source 46 in source list: https://mafiadoc.com/indeks-abstrak-tugas-akhir-akuntansi_598d79b31723ddd069fb1843.htmlyang signifikanEnd Match pemanfaatan perpustakaan Begin Match to source 46 in source list: https://mafiadoc.com/indeks-abstrak-tugas-akhir-akuntansi_598d79b31723ddd069fb1843.htmlpadaEnd Match prestasi belajar pada siswa, maka pihak sekolah di harapkan lebih mempertahankan dan meningkatkan lagi hal tersebut sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar yang tinggi. 2. Begin Match to source 24 in source list: https://docplayer.info/76463030-M-u-s-r-i-n-i-nim-s.htmlDari hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwaEnd Match nampak adanya pengaruh Begin Match to source 24 in source list: https://docplayer.info/76463030-M-u-s-r-i-n-i-nim-s.htmlyangEnd Match signifikan Begin Match to source 24 in source list: https://docplayer.info/76463030-M-u-s-r-i-n-i-nim-s.htmlminatEnd Match baca pada prestasi Begin Match to source 24 in source list: https://docplayer.info/76463030-M-u-s-r-i-n-i-nim-s.htmlbelajarEnd Match siswa, maka Bagi siswa dapat di gunakan untuk upaya meningkatkan prestasi belajarnya dengan selalu sering memanfaatkan sumber belajar yaitu perpustakaan sebagai media infromasi menambah wawasan ilmu pengetahuan dengan cara mmembaca buku yang ada kaiatanya dengan pelajaran sekolah. 3. Selain tiga variabel Begin Match to source 55 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-matematika-2016.htmldalam penelitian ini perluEnd Match adanya Begin Match to source 55 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-matematika-2016.htmlpenelitianEnd Match selanjutnya Begin Match to source 55 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-matematika-2016.htmldenganEnd Match menggunakan variabel yang berbeda yang mempengaruhi prestasi belajar, sehingga akan menambah kajian lebih dalam. REFERENCES Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Hardiningsih, Eka & Nurdin Hidayat. 2012. Hubungan Antara Minat Baca Di Perpustakaan Sekolah Dengan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2011/2012. Lampung: STKIP PGRI Bandar Lampung. Kurnia, Ayu. 2016. Pengaruh Kemandirian belajar, Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Masturi, Habib. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jakarta: Universitas Islam Negeri. Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Yuni, Erma. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Semester Ganjil Sma Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Lampung: Universitas Lampung. Begin Match to source 4 in source list: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39298/1/Skirpsi Aisya-FISIPVolume 2, Nomor 2, Agustus 2018End Match Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan … (Puspitaningsih) Begin Match to source 4 in source list: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39298/1/Skirpsi Aisya-FISIPVolume 2, Nomor 2, Agustus 2018End Match Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan … (Puspitaningsih) Begin Match to source 4 in source list: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39298/1/Skirpsi Aisya-FISIPVolume 2, Nomor 2, Agustus 2018End Match Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan … (Puspitaningsih) Begin Match to source 4 in source list: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/39298/1/Skirpsi Aisya-FISIPVolume 2, Nomor 2, Agustus 2018End Match Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan … (Puspitaningsih) 85 86 87 88 89 90 91 92 93