This is a preview of the print version of your report. Please click "print" to continue or "done" to close this window.

done

or Cancel

 
Similarity Index
30%
Similarity by Source
Internet Sources:
29%
Publications:
22%
Student Papers:
25%

Kebutuhan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek Flora Puspitaningsih, Rohmat Febrianto STKIP PGRI Trenggalek [email protected], [email protected] ABSTRAK Guru maupun calon guru wajib memiliki pemahaman yang baik tentang evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran memegang peranan penting dalam usaha Guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dari waktu ke waktu. STKIP PGRI Trenggalek merupakan perguruan tinggi berbasis LPTK. Input mahasiswa dengan kualitas yang minimalis menghambat mahasiswa untuk mencapai kompetensi ideal dalam Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran. Selain kemampuan mahasiswa sendiri, tiga hal lainnya telah terlaksana dengan baik. Agar proses pencapaian kompetensi dapat berjalan dengan lancar, maka diperlukan buku ajar yang mudah dipahami oleh mahasiswa. Dengan buku ajar yang mudah dipahami maka dapat diharapkan setelah menempuh Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran mahasiswa memiliki kemampuan dalam mengelola dan menganalisis hasil evaluasi belajar. Penelitian dilaksanakan untuk menganalisis seberapa jauh kebutuhan buku ajar untuk mahasiswa dengan cara melakukan analisis kebutuhan. Analisis digunakan sebagai dasar untuk mengambil tindakan yang lebih jauh terkait dengan kebutuhan mahasiswa. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami beberapa kondisi yang memperkuat kebutuhan buku ajar. Kata Kunci: Media, Buku, Pengembangan, Evaluasi, Pembelajaran PENDAHULUAN Keseluruhan proses pembelajaran merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Seorang Guru tidak bisa hanya menggantungkan pada satu sisi proses pembelajaran saja. Dinyatakan dalam Lampiran Permendikbud nomor 22 (2016:1) bahwa Begin Match to source 10 in source list: https://zombiedoc.com/bagian-1-metode-pembelajaran.htmlsetiap satuan pendidikan melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.End Match Pada akhir Begin Match to source 10 in source list: https://zombiedoc.com/bagian-1-metode-pembelajaran.htmlproses belajarEnd Match perlu diketahui sejauh mana keberhasilan proses belajar. Akhir proses belajar, yang lazim disebut dengan istilah evaluasi belajar, bukan benar-benar akhir dari Begin Match to source 18 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlproses belajar. Proses belajarEnd Match dapat dikatakan Begin Match to source 18 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlsuatuEnd Match siklus Begin Match to source 18 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlyangEnd Match selalu berulang-ulang dengan peningkatan kualitas didalamnya pada setiap pengulangan siklus. Hal ini disinggung dalam Permendikbud nomor 23 (2016:4) Begin Match to source 12 in source list: https://pt.slideshare.net/mohammadtohirm2/analisis-kemampuan-calon-guru-matematika-dalam-menerapkan-pendekatan-saintifik-berdasarkan-kurikulum-2013bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.End Match Guru merupakan sebuah profesi dalam arti guru adalah pekerjaan yang dijadikan sebagai mata pencaharian. Seperti yang telah diungkapkan Supriadi (2013:41) Guru didefinisikan sebagai Begin Match to source 9 in source list: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2802/1/Skripsi Metli Yupita Ulpah - 1501170017.pdfprofesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,End Match memgarahkan, Begin Match to source 9 in source list: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2802/1/Skripsi Metli Yupita Ulpah - 1501170017.pdfmelatih, menilai, danEnd Match menegvaluasi Begin Match to source 9 in source list: http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/2802/1/Skripsi Metli Yupita Ulpah - 1501170017.pdfpeserta didik pada pendidikan usia dini jalur formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.End MatchBegin Match to source 4 in source list: http://eprints.ums.ac.id/24073/13/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdfKompetensi guru dapat diartikan sebagai kebulatan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang ditampilkan dalam bentuk perilaku cerdas dan penuh tanggung jawab yang dimiliki seorang guru dalam menjalankan profesinyaEnd Match (Novauli, 2015:46). Begin Match to source 4 in source list: http://eprints.ums.ac.id/24073/13/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdfGuru yang profesionalEnd Match seharusnya mampu memiliki wawasan yang luas dan mampu berfikir kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. STKIP PGRI Trenggalek memiliki mata kuliah yang memberikan mahasiswa kompetensi untuk mengevaluasi proses belajar. Mahasiswa dituntut untuk memahami evaluasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk perbaikan proses belajar kedepannya. Keberhasilan pencapaian kompetensi tidak bisa lepas dari kemampuan awal para peserta Mata Kuliah Evaluasi Belajar. Dengan kulitas input yang cukup minimalis, mahasiswa, kesulitan Begin Match to source 14 in source list: https://bagawanabiyasa.wordpress.com/author/bagawanabiyasa/page/4/untuk memahami apa yangEnd Match disampaikan oleh Dosen Begin Match to source 14 in source list: https://bagawanabiyasa.wordpress.com/author/bagawanabiyasa/page/4/dan apa yangEnd Match terdapat dalam literatur merupakan suatu hal yang sering terjadi dalam proses perkuliahan. Dosen telah mengusahakan hal terbaik agar mahasiswa mampu mencapai kompetensi meskipun dalam batas minimal. Melihat karakteristik kemampuan awal mahasiswa yang dapat dikatakan kurang baik dan usaha yang telah dilakukan Dosen, diperlukan sesuatu yang mampu menjembatani kedua hal tersebut. Buku ajar merupakan hal yang sesuai untuk permasalahan yang dijelaskan sebelumnya. Begin Match to source 20 in source list: http://lib.unnes.ac.id/23626/1/4401410049.pdfBahan ajar adalahEnd Match semua Begin Match to source 20 in source list: http://lib.unnes.ac.id/23626/1/4401410049.pdfbahan baikEnd Match berbentuk Begin Match to source 20 in source list: http://lib.unnes.ac.id/23626/1/4401410049.pdfinformasi, alatEnd Match ataupun Begin Match to source 20 in source list: http://lib.unnes.ac.id/23626/1/4401410049.pdfteks yangEnd Match dibuat Begin Match to source 20 in source list: http://lib.unnes.ac.id/23626/1/4401410049.pdfsecara sistematisEnd Match dengan memuat kompetensi dan dimanfaatkan dalam pembelajaran (Prastowo, 2013:306). Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfKedudukan bahan ajar dalam proses pembelajaran yakni: (1)End Match mampu Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfmembantu belajar perorangan, (2) memberikanEnd Match keleluasaan Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfpenyiapanEnd Match pembelajaran Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfjangka pendek dan jangka panjang; (3) bahan ajarEnd Match yng dirancang Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfsistematisEnd Match memberi Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfpengaruhEnd Match dalam Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfperkembanganEnd Match pebelajar, (4) memudahkan dalam pengelolaan proses belajar, dan Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdf(5) memudahkan belajar karena dirancang atas dasarEnd Match pegetahuan Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdfbagaimana manusia belajarEnd Match (Harjianto, Begin Match to source 3 in source list: http://repository.usd.ac.id/17395/1/3950_Pengembangan+buku+praktik.pdf2007:End Match 220). Pemanfaatan bahan ajar berupa buku ajar dalam pembelajaran atau perkulihan memiliki banyak kelebihan diantaranya: (1) mampu Begin Match to source 6 in source list: https://www.slideshare.net/NastitiChristianto/media-pembelajaran-individualmenyajikan pesan atau informasiEnd Match belajar Begin Match to source 6 in source list: https://www.slideshare.net/NastitiChristianto/media-pembelajaran-individualdalam jumlah banyak, (2) pesan atau informasi dapat dipelajari sesuai kebutuhan, minat dan kecepatanEnd Match pebelajar, Begin Match to source 6 in source list: https://www.slideshare.net/NastitiChristianto/media-pembelajaran-individual(3) dapat dipelajari kapan dan dimana saja, (4)End Match menarik karena Begin Match to source 19 in source list: https://es.scribd.com/document/396318112/PDFdilengkapi dengan gambar dan warnaEnd Match dan (5) Begin Match to source 19 in source list: https://es.scribd.com/document/396318112/PDFrevisi mudahEnd Match dilakukan Begin Match to source 19 in source list: https://es.scribd.com/document/396318112/PDF(SusilanaEnd Match dan Begin Match to source 19 in source list: https://es.scribd.com/document/396318112/PDFRiyana, 2007:15).End Match METODE Analisis kebutuhan dilakukan dengan pendekatan kualitiatif dan kuantitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner pada mahasiswa. Penelitian dilakukan di STKIP PGRI Trenggalek dengan ruang lingkup seluruh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian populasi mengingat produk yang dikembang direncanakan untuk sebagai buku ajar Begin Match to source 18 in source list: https://zombiedoc.com/seminar-nasional-pendidikan-dasar-2018.htmlmahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswaEnd Match peserta perkuliahan evaluasi pembelajaran. Tabel 1.1. Distribusi Populasi Berdasarkan Program Studi No. Program Studi Populasi 1. Pendidikan Bahas Inggris 28 2. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 32 3. Pendidikan Guru Sekolah Dasar 43 4. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi 35 5. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 25 Begin Match to source 16 in source list: https://repository.usd.ac.id/35223/2/151334075_full.pdfTeknik analisis data kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dataEnd Match model Begin Match to source 16 in source list: https://repository.usd.ac.id/35223/2/151334075_full.pdfMiles dan Huberman (Sugiyono,End Match 2016:246- 252). Teknik analisis data kualitatif diperlukan untuk memilah data yang berupa saran dan jawaban tertulis. Berikut langkah-langkah yang terdapat dalam model Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/q299r3pz-implementasi-peraturan-gubernur-banten-nomor-13-tahun-2012-tentang-program-gerakan-pembangunan-kecamatan-banten-bersatu-gerbang-ratu-di-kecamatan-kasemen-kota-serang.htmlMiles dan Huberman: a. Data Reduction Mereduksi data berarti merangkum, memilih hal-hal yang pokok, memfokuskan pada hal-hal yang penting, dicari tema dan polanya.End Match b. Begin Match to source 5 in source list: https://id.123dok.com/document/q299r3pz-implementasi-peraturan-gubernur-banten-nomor-13-tahun-2012-tentang-program-gerakan-pembangunan-kecamatan-banten-bersatu-gerbang-ratu-di-kecamatan-kasemen-kota-serang.htmlDataEnd Match Display Begin Match to source 1 in source list: Submitted to iGroup on 2013-04-22Yang paling sering digunakan untuk menyajikan data dalam penelitian kualitatif adalah dengan teks yang bersifat naratif.End Match c. Conclusion Begin Match to source 1 in source list: Submitted to iGroup on 2013-04-22Drawing KesimpulanEnd Match awal Begin Match to source 1 in source list: Submitted to iGroup on 2013-04-22yang dikemukakan masih bersifat sementara dan akan berubah bila tidak ditemukan bukti-bukti yang kuatEnd Match yang Begin Match to source 1 in source list: Submitted to iGroup on 2013-04-22mendukung pada tahap pengumpulan data berikutnya.End Match Tetapi apabila Begin Match to source 1 in source list: Submitted to iGroup on 2013-04-22kesimpulan yang dikemukakan pada tahap awal, didukung oleh bukti-bukti yang valid dan konsisten saat peneliti kembali ke lapangan mengumpulkan data, maka kesimpulan yang dikemukakan merupakan kesimpulan yang kredibel.End Match Secara kuantitatif data dianalisis menggunakan teknik data analisis kualitatif sederhana. Teknik data tersebut Begin Match to source 17 in source list: http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/sipil/article/download/6708/6468digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial (Sugiyono: 2016:93)End Match HASIL Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner dapat disimpulkan bahwa mahasiswa membutuhkan adanya buku ajar evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek. Tabel 1.2. Hasil Analisis Kebutuhan Pertanyaan Persentase Jawaban Jumlah referensi yang 0 Buah digunakan oleh Dosen 0% Jumlah referensi yang dicari sendiri oleh 0 Buah mahasiswa 33,33% 1 Buah 2 Buah 3 Buah 26,67% 43,33% 16,67% 1 Buah 2 Buah 3 Buah 63,33% 3,33% 0% >3 Buah 13,33% >3 Buah 0% Kemudahan memahami materi Sangat Mudah Mudah Cukup Sulit Sangat Sulit referensi 6,67% 13,33% 33,33% 36,7% 10% Pemberian contoh aplikatif pada buku Tidak ada Sedikit referensi 20% 10% Cukup Banyak Sangat Banyak 53’33% 10% 6,67% Referensi sesuai kebutuhan materi mahasiswa Sangat Tidak Sesuai 0% Referensi sesuai Sangat Tidak Sesuai 16,67% Tidak Cukup 66,67% Cukup Sesuai 10% Sesuai Sangat Sesuai 6,67% Sangat Pertanyaan Persentase Jawaban dengan karakteristik Tidak Sesuai Sesuai Program Studi Sesuai 0% 43,33% 40% 16,67% 0% Kebutuhan referensi yang sesuai Program Studi Sangat Tidak Butuh Sangat Tidak Butuh Cukup Butuh Butuh 0% 3,33% 43,33% 30% 23,33% Persetujuan Mahasiswa terkait pengembangan Begin Match to source 21 in source list: https://id.123dok.com/document/dzx6vwnz-pengaruh-penerapan-program-aplikasi-administrasi-kependudukan-terhadap-kinerja-pegawai-pada-dinas-kependudukan-pencatatan-sipil-sosial-dan-tenaga-kerja-kota-cimahi.htmlSangat Tidak Setuju Tidak Setuju Cukup Setuju Sangat SetujuEnd Match produk Begin Match to source 21 in source list: https://id.123dok.com/document/dzx6vwnz-pengaruh-penerapan-program-aplikasi-administrasi-kependudukan-terhadap-kinerja-pegawai-pada-dinas-kependudukan-pencatatan-sipil-sosial-dan-tenaga-kerja-kota-cimahi.html0% 0%End Match 13,33% 30% 56,67% PEMBAHASAN Secara detail, analisis kebutuhan menunjukkan kondisi yang dialami mahasiswa pada saat menjalani perkuliahan evaluasi pembelajaran. Referensi yang digunakan oleh dosen pada saat perkuliahan secara kuantitas tidak banyak. Berdasarkan kuesioner hanya 16,67% yang menggunakan 3, 13,33% menggunakan lebih dari 3 buku, dan sisanya menggunakan 2 atau 1 buku. Jumlah tersebut menggambarkan bahwa sebagian besar mahasiswa hanya mendapatkan pengetahuan dari 1 atau 2 ahli tentang evaluasi pembelajaran. Perspektif ahli lain tentang evaluasi pembelajaran sangat diperlukan agar mahasiswa mampu membuat kesimpiulan tentang evaluasi pembelajaran yang lengkap. Kondisi kurangnya penggunaan literatur ternyata tidak dibarengi dengan keinginan mahasiswa untuk menambah pengetahuan secara mandiri. 33,33% populasi merasa cukup dengan buku yang digunakan oleh dosen, 63,33% populasi hanya menambah 1 buku saja, sedangkan sisanya hanya mencari 2 buku sebagai literatur tambahan. Buku yang digunakan oleh dosen bagi 33,33% mahasiswa dirasa cukup mudah untuk dpahami, 13,33% merasa mudah, hanya 6,67% yang merasa sangat mudah untuk memahami dan sisanya merasa kesulitan dalam memahami materi. Pemberian contoh aplikatif dirasa cukup oleh 53,33% mahasiswa. Meskipun hampir separuh menyatakan cukup pemberian contoh aplikatif yang sesuai dengan program studi masih perlu diberikan. Dalam rangka pemenuhan kebutuhan sebanyak 66,67% mahasiswa merasa cukup sesuai dengan kebutuhan pengetahuan mereka, hanya 10% dan 6,67% yang menyatakan sesuai dan sangat sesuai. Sedangkan untuk kesesuaian karakteristik program studi sebanyak 40% menyatakan cukup sesuai dengan program studi yang dijalani, dan hanya 16,67% yang menyatakan sesuai. 53,33% mahasiswa membutuhkan referensi yang sesuai dengan program studi mereka, 43,33% menyatakan cukup butuh, dan hanya 3,33% yang tidak butuh. Terkait dengan rencana peneliti merealisasikan buku ajar yang sesuai dengan mahasiswa sebanyak 56,67% sangat setuju dan 0% yang tidak setuju, sisanya setuju dan cukup setuju. KESIMPULAN DAN SARAN Mahasiswa membutuhkan buku ajar evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan program studi yang dijalani. Kebutuhan tersebut utamanya pada cara mengevaluasi ketrampilan yang harus dievaluasi pada setiap mata pelajaran ketika mahasiswa terjun ke dunia pendidikan. Kondisi-kondisi yang dialami oleh mahasiswa, mulai dari terbatasnya literatur dan keengganan mahasiswa untuk menambah literatur, semakin memperkuat kebutuhan buku ajar yang memiliki materi lengkap dan aplikatif. DAFTAR RUJUKAN Sugiyono. 2016. Begin Match to source 8 in source list: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/289Metode Penelitian Kuantitatif,End Match Kualtitatif Begin Match to source 8 in source list: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/289dan R & D. Bandung: Alfabeta. Susilana, R. dan Riyana, C.. 2007. Media Pembelajaran: Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.End Match Kementrian Pendidikan Kebudayaan. 2016. Lampiran Begin Match to source 13 in source list: https://pt.scribd.com/document/330931567/01-KSP-M06-2016-09-01-2Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.End Match Jakanarta: Kementrian Pendidikan Begin Match to source 13 in source list: https://pt.scribd.com/document/330931567/01-KSP-M06-2016-09-01-2danEnd Match Kebudayaan. Kementrian Begin Match to source 13 in source list: https://pt.scribd.com/document/330931567/01-KSP-M06-2016-09-01-2Pendidikan dan Kebudayaan.End MatchBegin Match to source 15 in source list: http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/7484/02016. Peraturan Menteri Pendidikan dan KebudayaanEnd Match Republik Indonesia Nomor Begin Match to source 15 in source list: http://journals.ums.ac.id/index.php/jmp/article/view/7484/023 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.End MatchBegin Match to source 11 in source list: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14364Harijanto, M. 2007. Pengembangan Bahan Ajar untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Program Pendidikan Pembelajaran Sekolah Dasar. Didaktika, Vol.2 No.1 maret 2007:216-End Match 266. Begin Match to source 14 in source list: https://bagawanabiyasa.wordpress.com/author/bagawanabiyasa/page/4/Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.End Match Supriadi, O. Begin Match to source 14 in source list: https://bagawanabiyasa.wordpress.com/author/bagawanabiyasa/page/4/2013.End Match Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Laksbang. Novauli, Feralys. Begin Match to source 7 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/40875/11/14. NIM. 7163341034 BIBLIOGRAPHY.pdfKompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah KualaEnd Match PP. 45- 67 Begin Match to source 7 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/40875/11/14. NIM. 7163341034 BIBLIOGRAPHY.pdfvolEnd Match 3 No Begin Match to source 7 in source list: http://digilib.unimed.ac.id/40875/11/14. NIM. 7163341034 BIBLIOGRAPHY.pdf1.End MatchBegin Match to source 2 in source list: Submitted to Academic Library Consortium on 2020-02-27“Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0” 2019 “Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0” 2019 “Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0” 2019 “Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0” 2019 “Penguatan Pendidikan & Kebudayaan untuk Menyongsong Society 5.0” 2019End Match 378 379 380 381 382